Mengenal Lebih Dekat Penyakit Sinusitis Beserta Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Kemungkinan hingga kini, cukup banyak orang yang belum tahu apa itu sinusitis dan bagaimana cara mengobatinya, oleh sebab itu sebaiknya kenali penyakit ini mulai dari penyebab, gejala, dan cara mengatasinya baik secara alami dan juga secara medis.

Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi ketika rongga sinus mengalami peradangan. Sinus merupakan organ dalam sistem pernafasan yang normalnya hanya berisi udara, namun bila sinus mengalami peradangan, maka bisa saja rongga sinus akan tersumbat cairan yang penuh kuman. Peradangan yang terjadi pada rongga sinus disebabkan oleh beragam hal, mulai dari iritasi hingga alergi terhadap bahan kimia yang dihirup oleh hidung dan dapat juga disebabkan karena pilek yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Perlu Anda ketahui, fungsi dasar rongga sinus adalah untuk meringankan tulang tengkorak, namun bila sinus mengalami peradangan maka tentu saja fungsi tersebut tidak dapat dijalankan dengan baik.

Berbicara mengenai peradangan pada rongga sinus, atau yang lebih dikenal dengan sinusitis maka sebaiknya Anda perlu memahami apa saja yang menyebabkan penyakit tersebut dapat muncul, sehingga diharapkan Anda dapat mewaspadai dan menghindari beberapa faktor utama penyebab sinusitis seperti berikut ini :

Udara kotor

Seperti yang kita ketahui, segala hal yang kotor pasti mengandung banyak kuman, tidak terkecuali udara yang kotor. Saluran sinus dapat mudah terinfeksi oleh kuman, bakteri, hingga virus bila Anda terlalu sering menghirup udara kotor

Alergi

Alergi memang tidak bisa disembuhkan, namun sebaiknya bila Anda sudah mengetahui bahwa diri Anda mengidap alergi terhadap suatu barang, makanan, hewan dan lain sebagainya, maka sebaiknya Anda menghindari pemicu dari alergi tersebut. Sebab bila alergi Anda kambuh maka resiko yang akan terjadi adalah pilek yang dapat membuat saluran sinus menjadi tidak sehat.

Infeksi sinus

Bila terlalu sering menghirup udara kotor dan terkena alergi, maka kuma dapat dengan mudah menginfeksi organ sinus, sehingga organ berupa rongga yang harusnya hanya terisi udara tersebut malah akan mengeluarkan cairan seperti lendir.

Flu yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama

Bila Anda menderita flu atau pilek yang tak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya Anda perlu mewaspadainya, pasalnya flu yang menahun seperti itu dapat menjadi indikasi bahwa Anda terindikasi sinusitis, khususnya bila cairan lendir yang keluar dari hidung warnanya hijau pekat.

Sinusitis

Lalu, setelah mengetahui mengenai penyebab dari penyakit tersebut, hendaknya Anda juga perlu memahami gejala sinusitis, agar Anda dapat segera melakukan upaya tertentu untuk mengobatinya agar tidak semakin parah. Beberapa tanda bahwa Anda terkena penyakit tersebut seperti di bawah ini :

  1. Sakit kepala yang tak kunjung sembuh
  2. Bau nafas yang tidak sedap
  3. Demam, dengan suhu yang naik turun tidak menentu
  4. Wajah akan terasa nyeri
  5. Hidung sering terasa tersumbat khususnya pada saat tidur dan bangun tidur
  6. Batuk (batuk kering dan bisa juga batuk berdahak)
  7. Hidung mengeluarkan lendir yang berwarna hijau pekat, hingga dapat mengurangi kepekaan indera penciuman
  8. Area sekitar mata terasa gatal
  9. Bersin
  10. Sakit ketika menelan makanan

Nah, bila Anda mulai merasakan gejala awal sinusitis yang seperti itu, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter, tepatnya ke dokter THT, namun selain mendapatkan perawatan secara medis, ada baiknya juga bila Anda mencoba cara mengobati sinusitis secara alami dan tradisional, berikut ini :

Lidah buaya

Infeksi peradangan yang terjadi di rongga sinus dapat dikurangi dengan cara meminum sari lidah buaya. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih kemudian direbus, setelah itu minum air rebusan potongan lidah buaya tersebut.

Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga dapat membantu pengobatan sinusitis, caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sambiloto secara rutin sekali dalam sehari.

Minyak kayu putih

Rajin menghirup aroma minyak kayu putih juga cukup efektif untuk mengobati sinusitis, akan lebih baik lagi bila Anda menghirup minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat. Sebaiknya, lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar lendir yang keluar dapat berkurang.

Gurah

Gurah merupakan salah satu jenis pengobatan alternatif yang dapat menyembuhkan sinusitis secara perlahan. Inti dari pengobatan ini adalah mengeluarkan cairan dari dalam hidung.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *