site stats Mengerikan, Keyboard Komputer Sering Jadi Sarang Bakteri – Sami Share

Info

Mengerikan, Keyboard Komputer Sering Jadi Sarang Bakteri

on

Namanya bakteri memang tak pandang tempat untuk tinggal. Keberadaannya sering kali tidak kita sadari. Benda yang terlihat bersih dari kotoran pun, terkadang justru menjadi sarang bakteri pembawa penyakit. Coba lihat keyboard komputer dan laptop Anda. Terlihat bersih bukan? Apalagi kalau keyboard Anda berwarna hitam. Tapi coba hitung berapa kali Anda menekan tombol-tombol pada keyboard Anda.

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan CBT Nuggets, perusahaan IT yang berbasis di Amerika terungkap bahwa keyboard komputer dan laptop menjadi salah satu sarang bakteri atau kuman penyakit terbesar melebihi kotornya toilet duduk hingga 20.000 kali.

 

Penelitian dilakukan dengan mengusap beberapa tombol keyboard komputer di kantor guna mengetahui jumlah bakteri yang menempel.

Setelah dianalisis, hasilnya sungguh mencengangkan. Terdapat bakteri 243 lebih banyak pada salah satu bagian yang diusap bila dibandingkan dengan mainan hewan piaraan. Salah bakteri yang ditemukan yang paling banyak adalah cocci gram positif, bakteri yang sering ada pada penyakit sistem pernafasan pneumonia.

Tidak hanya keyboard komputer dan laptop, bakteri juga ditemukan di benda-benda lain yang sering dipegang setiap saat seperti ponsel, mouse komputer dan ganggang pintu toilet.

Adanya hasil seperti ini bisa menjadi sebuah kesimpulan bahwa bakteri bisa bersarang dimana-mana, bahkan sampai pada benda yang terlihat bersih sekalipun seperti pada keyboard komputer dan laptop.

Logikanya cukup mudah, dari awal Anda memiliki laptop atau komputer, berapa kali Anda mengetikkan jari-jari ke tombol keyboard. Begitu pula dengan ponsel, berapa kali jari tangan Anda menekan tombol atau menyentuh layar dalam sehari. Dan selama itu pula, Anda sering tidak peduli apakah tangan Anda bebas bakteri atau tidak, asal terlihat bersih saja sudah merasa nyaman.

Begitu pula dengan tombol keyboard, jarang sekali orang punya kebiasaan membersihkan secara rutin. Bahkan sampai kotoran yang bersarang di bawah tombol keyboard pun tidak diketahui. Coba dibalik, Anda akan melihat apa yang berjatuhan dari sela-sela tombol. Belum lagi kalau Anda lepas satu persatu, Anda akan melihat seperti apa kondisi kotor yang sebenarnya.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *