Inilah 2 Alasan Minum Teh Susu Bisa Berbahaya

Siapa tak kenal dengan susu, minuman penuh gizi yang paling populer seantero dunia. Siapa pula yang tak kenal teh, minuman dari ekstrak daun teh yang rasanya segar dan sangat menyehatkan. Bagaimana jika keduanya digabung menjadi satu minuman yang disebut teh susu. Apakah makin menyehatkan ?

Teh campur Susu

Bagi sebagian orang, teh susu merupakan minuman favorit yang sangat digemari. Mereka menggunakan susu sebagai pemanis teh menggantikan gula. Perpaduan antara teh dan susu menghasilkan satu rasa yang unik namun tetap lezat dan nikmat. Namun perlu ketahui, minuman campuran teh dan susu ini ternyata kurang baik untuk kesehatan.

Mengapa?

Pertama; Teh memiliki banyak zat antioksidan yang berfungsi menghilangkan efek radikal bebas yang berbahaya bagi pertumbuhan sel. Salah satu senyawa antioksidan yang dimiliki teh adalah catechin. Sedangkan susu memiliki protein yang bernama kasein yang bisa menghambat kinerja senyawa catechin pada teh. Walhasil, saat teh diminum bersama dengan susu, manfaat antioksidan pada teh menjadi kurang optimal.

Kedua; Bila dilihat dari manfaat susu, susu adalah salah satu sumber kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Minum susu secara rutin berarti menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Sayangnya, teh juga mengandung senyawa yang bernama asam oksalat. Senyawa ini akan dikeluarkan dari bersamaan dengan urin atau air kencing.

Di dalam tubuh, senyawa asam oksalat dapat berikatan dengan kalsium dan membentuk satu partikel yang biasa disebut dengan batu ginjal. Berapa besar ukuran partikel ini tergantung seberapa besar keterikatan asam oksalat dengan kalsium. Bila terlalu sering atau dalam jumlah besar tentu semakin besar pula partikel batu ginjal terbentuk. Semakin sering mengkonsumsi teh susu, semakin besar pula risiko terkena batu ginjal, terlebih bila tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak.

Nah, jadi tahu kan ternyata minum teh susu alias teh campur susu kurang baik untuk kesehatan bahkan bisa berbahaya. Kebanyakan orang mencampur teh dengan susu hanya untuk menambah cita rasa. Namun mereka tidak tahu atau mungkin kurang peduli pada efek negatif yang ditimbulkan. Padahal, disadari atau tidak, hal – hal yang dianggap sepele semacam itu justru sangat mendukung terjaganya kesehatan tubuh.

Masih tetap suka minum teh susu ? Monggo… risiko ditanggung sendiri

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *