counter Pengertian Dan Penyebab Gagal Jantung – Sami Share

Jantung

Pengertian Dan Penyebab Gagal Jantung

on

Gagal jantung atau dalam istiah medisnya dikenal dengan heart failure merupakan sesuatu hal atau keadaan yang sangat serius. Gagal jantung bisa terjadi dikarenakan jumlah darah yang biasa dipompa oleh jantung dalam setiap menitnya tidak bisa mencukupi kebutuhan secara normal dalam tubuh akan zat-zat makanan dan oksigen.

Banyak sekali orang yang tidak mengerti atau salah dalam mengartikan gagal jantung. Kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah berhentinya jantung dalam melakukan operasi didalam tubuh manusia. Yang sebenarnya bahwa gagal jantung adalah lemahnya jantung dalam melakukan kerja memompa darah dalam mencukupi kebutuhan tubuh manusia.

gagal jantungPenyebab gagal jantung.

Setiap penyakit yang ada dalam diri manusia yang mana penyakit itu mempengaruhi pada jantung maupun mengganggu sirkulasi darah didalam tubuh bisa menyebabkan gagal jantung. Dan dibawah ini adalah berbagai macam yang bisa menyebabkan terjadinya gagal jantung.

  1. Terjadinya kerusakan otot pada jantung. Hal ini sangat mempengaruhi sistem kerja pada jantung dalam memompa darah dikarenakan adanya kerusakan pada otot jantung. Kerusakan otot pada jantung biasanya diakibatkan oleh serangan jantung, infeksi pada otot jantung dan juga bisa dikarenakan penderita memiliki penyakit diabetes atau penyakit gula.
  2. Memiliki kelainan pada katup jantung. Dimana jantung harus bekerja ekstra kuat dalam melakukan aktifitasnya memompa darah dengan melalui katup jantung yang begitu sempit. Tentu saja dengan memiliki kelainan pada katup jantung akan memberikan tekanan yang lebih pada jantung dan akan membuat jantung menjadi lemah atau lemah jantung.
  3. Gangguan pada fungsi jantung. Dimana detak denyut pada jantung menjadi lebih cepat, lebih lambat maupun denyut jantung tidak bisa teratur. Jika fungsi kelistrikan pada jantung ini tergangu maka tentu saja dalam melakukan pemompaan darah tidak bisa dilakukan secara efektif. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka jantung harus bekerja secara ekstra keras dan bisa mengakibatkan gagal jantung.
  4. Tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi juga bisa dengan mudah terkena gagal jantung karena tekana darah tinggi akan memaksa jantung untuk bekerja lebih berat.

Itulah pengertian dari gagal jantung serta berbagai penyebab gagal jantung. Meskipun hanya sedikit namun semoga memberikan kemanfaatan bagi para pembaca semuanya.

Recommended for you