Pengertian Makanan Gizi Seimbang

Jika dulu kita sering mendengar slogan makanan 4 sehat 5 sempurna, rupanya slogan tersebut kini tak lagi dianggap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi gizi. Semenjak tahun 1990-an, berangsur – angsur slogan 4 sehat 5 sempurna mulai ditinggalkan banyak ahli gizi dari berbagai belahan dunia dan beralih pada istilah gizi seimbang.

Bukan tanpa alasan, karena pada kenyataannya empat sehat lima sempurna memang tidak bisa dijadikan pedoman makanan sehat dan menyehatkan.

Pengertian gizi seimbang

Secara sederhana, pengertian gizi seimbang adalah nutrisi dan zat gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, tidak berlebihan juga tidak kekurangan.

Sedangkan pengertian makanan gizi seimbang adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dengan tetap memperhatikan berbagai prinsip seperti keberagaman jenis makanan, aktifitas tubuh, berat badan ideal serta faktor usia.

Susunan gizi seimbang

Susunan gizi seimbang pada makanan digambarkan Yayasan Institut Danone Indonesia pada sebuah piramida makanan berbentuk kerucut dengan bagian utama yang disebut dengan Tri Guna Makanan atau tiga jenis makanan dengan tiga kegunaan yang berbeda.

Makanan Sehat Gizi Seimbang

1. Zat Tenaga

Pada gambar terletak pada bagian bawah karena porsinya yang paling besar. Berguna sebagai sumber tenaga yang akan memberikan tenaga pada tubuh agar kuat dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Zat tenaga paling utama adalah karbohidrat. Karbohidrat banyak terdapat pada makanan pokok seperti padi, jagung, kentang, singkong, sagu, gandum serta semua makanan yang terbuat dari bahan – bahan tersebut seperti roti, nasi, mie, kue dan sebagainya.

2. Zat Pengatur

Pada gambar terletak di tengah, porsinya lebih sedikit dari pada zat tenaga. Zat pengatur berguna untuk mengatur organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Zat pengatur terdiri dari vitamin dan mineral. Kedua zat ini banyak terdapat pada sayur – sayuran dan buah – buahan.

3. Zat Pembangun

Pada gambar terletak di bagian atas karena porsinya paling sedikit dibanding yang lain. Zat pembangun berguna untuk pembentukan, pertumbuhan serta pemeliharaan sel – sel dalam semua organ tubuh. Zat pembangun yang utama adalah protein, baik itu protein nabati seperti kedelai, kacang hijau, kacang tanah dan semua makanan yang dihasilkan dari bahan – bahan tersebut, maupun protein hewani seperti daging, telur, ikan serta susu.

Di bagian paling ujung piramida makanan gizi seimbang atau Tri Guna Makanan, terdapat satu bagian atau potongan paling kecil untuk menggambarkan makanan yang juga harus dipenuhi namun dalam porsi sangat kecil atau seperlunya yaitu minyak, gula, dan garam.

Sedangkan pada bagian bawah diberikan alas berupa gambar air dalam porsi paling besar. Artinya bahwa kebutuhan air untuk tubuh adalah kebutuhan yang paling besar yang harus dipenuhi. Baik itu dengan minum air putih murni maupun dari kandungan air yang terdapat pada buah – buahan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari menerapkan pola gizi seimbang, harus pula diimbangi dengan penerapan hidup sehat seperti olah raga yang teratur, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta selalu memantau perkembangan berat badan tubuh.

Perhatikan juga pesan dasar gizi seimbang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian sedikit penjelasan pengertian makanan gizi seimbang. Tujuan utama dari penerapan makanan gizi seimbang adalah untuk menjaga agar tubuh senantiasa sehat wal afiyat. Dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

2 Comments
  1. 1 year ago
    aep

    Agak susah nerapinnya y s ngra qt

    Reply
  2. 1 month ago
    fbs

    makasih ya artikel mengenai kesehatan memang sangat berguna buat banyak orang, terus semangat buat artikel yang kaya manfaat seperti ini 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *