Fenomena Unik Sandal Jepit Di Indonesia

Secara singkat pengertian sandal jepit adalah sandal yang dijepit.

Sedangkan pengertian yang lebih panjang adalah sandal warna-warni yang terbuat dari bahan karet sintetis dengan tali penghubung bagian depan dan belakang menyerupai huruf “V”. Sandal jepit tidak memiliki penutup pada bagian atasnya. Dan pada bagian bawah umumnya tidak memiliki hak alias rata.

Penggunaan kata “jepit” pada nama sandal ini karena disesuaikan dengan cara memakainya, yaitu dengan cara dijepit. Poros tali bagian depan dijepit menggunakan ibu jari kaki dan telunjuk kaki agar tidak mudah terlepas ketika dipakai berjalan maupun aktifitas lain.

Menjepit poros tali dengan ibu jari kaki dan telunjuk kaki

Sandal jepit enak dipakai dimana saja baik di tempat basah maupun kering, di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Juga enak dipakai pada kegiatan santai seperti rekreasi di taman, di kolam renang, di pantai, di mall dan di tempat santai lainnya.

Sekalipun cocok buat siapa saja dan dimana saja, namun sandal ini tidak elok bila dipakai pada acara-acara resmi seperti pada jam kerja kantor, sekolah, dan pada acara resmi lainnya.

Di Indonesia, sandal jepit lebih indentik dengan merek Swallow sehingga orang-orang lebih mengenalnya sebagai “Sandal Swallow”. Tidak ada yang tahu persis tahun berapa merek Swallow ini muncul pertama kali di Indonesia. Sebagian orang tua mengungkapkan bahwa sandal ini sudah booming di Indonesia semenjak mereka kecil. Merek Swallow sendiri booming sejak tahun 1960-an hingga awal tahun 2000-an.

Sandal jepit hitam

Kemajuan teknologi dan informasi akhir dekade ini membuat sandal jepit semakin beragam baik dari sisi bentuk maupun fungsinya. Banyak perusahaan besar, perusahaan kecil maupun usaha rumahan membuat inovasi-inovasi unik dan indah sehingga keberadaan merek Swallow tidak lagi mendominasi pasaran sandal di Indonesia. Kita akan mudah menemukan berbagai merk, varian dan model sandal jepit di pusat-pusat perbelanjaan besar di kota maupun warung-warung kecil di perkampungan. Kita tinggal memilih sandal jepit yang sesuai dengan ukurang kaki kita dan tentunya yang menarik hati dan mata kita.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *