Penyebab Rambut Kering

Jika Anda menginginkan rambut sehat indah, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendapatkannya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui berbagai permasalahan yang dimiliki rambut agar Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Termasuk masalah rambut kering.

Ada banyak sekali permasalahan rambut yang dikarenakan berbagai macam sebab. Salah satunya adalah rambut kering. Rambut kering tentu bukan yang diinginkan para wanita dan seringkali membuat kesal, terlebih mereka yang memiliki profesi dengan mengedepankan penampilan seperti model dan artis. Selain terlihat tidak sehat, rambut kering dapat mengurangi rasa percaya diri bila harus berhadapan dengan orang lain.Rambut Kering

Apa saja penyebab rambut kering ?

Rambut kering tidak datang secara tiba – tiba, namun disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah beberapa penyebab rambut kering.

1. Terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama

Terlalu lama rambut terkena sinar matahari langsung pada saat sedang terik sangat tidak bagus untuk kesehatan rambut. Sinar Ultra Violet matahari dapat membakar kutikula atau lapisan rambut paling luar yang mengakibatkan warna rambut menjadi pudar dan rambut menjadi kering, bagian ujung rambut menjadi pecah – pecah. Selain itu kerusakan lapisan kutikula rambut juga menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

2. Tidak pernah keramas

Bagaimana mungkin bisa mendapatkan kelembaban rambut jika rambut dibiarkan tidak tersiram air dalam waktu lama. Selain rambut menjadi kering, rambut juga menjadi rusak karena berbagai kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Jika Anda tetap bertahan tidak keramas selamanya, jangan heran kalau dijauhi banyak orang karena Anda dianggap sebagai orang gila.

3. Keramas dengan air hangat

Jika harus memilih, tentu banyak yang akan memilih mandi keramas dengan air hangat dari pada air dingin. Sayang, mandi keramas dengan air hangat tidak menyehatkan rambut. Rambut menjadi kering karena air hangat menghilangkan minyak alami rambut atau sebum. Selain itu, air hangat juga membuat protein yang menjaga kelembaban rambut menjadi terbakar. Semakin panas air yang digunakan untuk keramas, maka semakin tidak baik untuk kesehatan rambut.

4. Terkena udara kotor

Kondisi udara yang kotor baik oleh asap kendaraan maupun oleh debu yang beterbangan membawa pengaruh kurang baik bagi rambut. Jika kotoran dibiarkan terus menerus menempel pada rambut dan tidak segera dibersihkan dapat membuat rambut menjadi kering. Selain itu, kotoran yang menempel pada kulit kepala membuat kepala menjadi gatal dan tidak menutup kemunkinan menjadi penyebab datangnya penyakit.

5. Penggunaan produk kecantikan rambut yang tidak cocok

Produk kecantikan rambut seperti shampo, conditioner, minyak rambut serta yang lain adalah sarana – sarana merawat rambut untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah. Namun harus diperhatikan bahwa penggunaan produk – produk tersebut di atas harus disesuaikan dengan jenis rambut. Kesalahan dalam memilih produk kecantikan rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering, tidak sehat bahkan menjadi rusak.

6. Berlebihan menggunakan pengering rambut

Pengering rambut atau hair dryer digunakan hanya untuk mengurangi efek basah pada rambut setelah keramas atau terkena air. Terlalu berlebihan menggunakan pengering rambut berakibat rambut menjadi kering karena kelembaban rambut berkurang dan juga dapat menghilangkan minyak alami rambut.Hair Drying

7. Mewarnai rambut

Bahan-bahan kimia yang digunakan pada pewarna rambut akan menutupi pigmen alami rambut. Juga mempengaruhi kadar protein pada rambut dan kulit kepala. Salah satu efeknya adalah rambut menjadi kering dan kusam. Akan lebih baik jika rambut dibiarkan dengan warna alami karena itu lebih menyehatkan.

Itulah beberapa penyebab rambut kering yang perlu diketahui agar lebih mudah cara mengatasinya. Bagaimanapun juga, rambut kering harus segera diatasi agar kembali menjadi sehat dan indah, tidak terlihat kusut dan kurang terawat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *