site stats Perhatikan Hal Ini Saat Membersihkan Telinga – Sami Share

Kesehatan

Perhatikan Hal Ini Saat Membersihkan Telinga

on

Sebagai salah satu panca indera paling penting, telinga memang harus selalu dijaga agar tetap sehat dan berfungsi secara maksimal. Salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan telinga.

Perlu kehati-hatian yang ekstra saat membersihkan telingan termasuk dalam pemilihan cotton bud atau alat korek telinga. Bagi sebagian besar orang, membersihkan telinga sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas. Hanya saja, terkadang kurang memperhatikan tata cara membersihkan telinga yang benar sehingga tujuan yang diinginkan yakni terjaganya kebersihan lingkungan tidak didapat, yang ada justru menjadi bencana bagi sistem pendengaran.

Membersihkan Telinga

Seperti dikatakan spesialis THT dari Boston Children’s Hospital, Jacob R. Brodsky, MD, bahwa kotoran yang ada pada telinga sebenarnya memiliki fungsi yang baik. “Untuk menjaga saluran telinga tetap bersih, juga menjaga kotoran dan bakteri pada gendang telinga, harus dengan sebuah lapisan yang tipis. Ketika Anda mengunyah, sendi rahang yang terletak di sebelah saluran telinga, melalukan pergerakan mekanisme secara perlahan sehingga kotoran telinga keluar dan kemudian mengering”, ungkap Jacob seperti dikutip dari laman Good Housekeeping, Kamis (10/12/2015).

Untuk membersihkan kotoran dalam telinga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jangan menggunakan bahan keras seperti kayu, logam, peniti. Jangan pula terlalu memaksakan diri untuk menguras semua kotoran dalam telinga, meskipun itu dilakukan dengan menggunakan cotton bud. Jangan pula terlalu dalam alat yang digunakan membersihkan telinga.

Ada beberapa alasan mengapa Anda Anda harus ekstra hati – hati saat membersihkan kotoran dalam telinga menggunakan cotton bud.

1. Berisiko terjadi hal buruk

Saat membersihkan telinga menggunakan cotton bud, Anda tidak dapat melihat dan mengetahui secara langsung bagian dalam telinga. Bila Anda mendorong cotton bud masuk ke dalam liang telinga terlalu dalam, besar kemungkinan cotton bud yang digunakan akan meninggalkan serpihan di dalam telinga. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bila nantinya sampai masuk lebih dalam lagi. Sebagai antisipasi gunakan cotton bud dengan bahan yang paling halus dan tidak mudah rontok.

2. Menyebabkan infeksi telinga

Indera telinga memiliki pelindung alami berupa lapisan dari campuran kulit dan minyak. Saat membersihkannya cotton bud akan menyeka kotoran yang menempel pada lapisan ini. Namun harus diperhatikan, pada saat menyeka bagian ini dengan cotton bud, jangan menekannya terlalu keras karena bisa mengikis lapisan ini dan bahkan bisa melukainya sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi.

3. Menyebabkan luka pada gendang telinga

Hindari mengorek telinga terlalu ke dalam karena hal itu sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal. Gagang ujung cotton bud yang keras bisa saja melukai organ telinga paling penting dan sensitif yaitu gendang telinga. Bila sampai terluka atau robek, Anda bisa saja kehilangan pendengaran secara permanen.

Solusi paling mudah adalah dengan meneteskan satu tetes baby oil ke liang telinga agar kotoran yang menempel menjadi lembek dan mudah menempel pada ujung cotton bud. Atau dengan cara lain yaitu membasahi cotton bud dengan baby oil sehingga mempermudah Anda membersihkan seluruh kotoran yang menempel di liang telinga.

Baby Oil Untuk Membersihkan Telinga

1 Comment

  1. Pingback: Cara Sehat Basmi Jerawat Dengan Cotton Bud - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *