Risiko Buruk Makan Buah Semangka

Selain memiliki banyak manfaat, makan buah semangka juga memiliki bahaya. Risiko buruk makan buah semangka ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

Selama dimakan dalam jumlah wajar, seharusnya buah semangka tidak akan menimbulkan efek samping yang serius. Tapi, bila berlebihan Anda makan setiap hari, bukan tidak mungkin Anda bisa terkena berbagai masalah karena terlalu banyak kandungan likopen dan kalium yang masuk ke dalam tubuh.

Satu contoh kasus, sering kali kita mendapati orang sakit perut dan mencret akibat mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah banyak.

Menurut American Cancer Society, mengkonsumsi likopen yang terbaik adalah kurang dari 30 mg setiap hari. Bila lebih dari itu akan berpotensi menyebabkan diare, mual, kembung dan terkena gangguan pencernaan.

Jus Semangka

Sedangkan dampak lain dari makan buah semangka terlalu banyak adalah meningkatnya kadar kalium dalam darah atau hiperkalemia. Dalam kondisi yang parah, hiperkalemia bisa menyebabkan jantung berdenyut tidak teratur dan masalah kardiovaskular yang lain, serta mengganggu fungsi kontrol otot tubuh yang bisa berakibat pada kelumpuhan.

Oleh karena itu, bila ingin makan buah semangka sebaiknya jangan berlebihan karena sangat berbahaya, karena risiko buruk makan buah semangka bisa sangat menakutkan. Dan bagi para pecinta buah semangka, waspadai juga risiko meningkatnya gula darah. Meski rasa manis semangka adalah manis alami, namun kandungan gulanya juga sangat tinggi.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *