counter Sebaiknya Anda Menolak Tawaran Kerja Bila Menemukan Hal ini – Sami Share

Info

Sebaiknya Anda Menolak Tawaran Kerja Bila Menemukan Hal ini

on

Tak hanya cukup bermodal kerja keras dan tekun, kesuksesan seseorang dalam berkarir juga dipengaruhi perusahaan tempatnya bekerja. Dan suatu hal yang penting yaitu mengukur kemampuan diri sendiri sebelum menentukan apakah perusahaan calon tempatnya bekerja benar – benar cocok dengan dirinya. Pertimbangkan juga kondisi dan situasi kantor sebelum memutuskan menerima tawaran kerja, karena disitulah karir akan dijalani untuk waktu yang tidak ditentukan. Beberapa keadaan terkadang agak memaksa Anda memutuskan untuk menolak tawaran kerja, seperti berikut ini.

1. Pewawancara kurang santun

Di proses awal Anda melakukan interview setelah Anda mengajukan lamaran pekerjaan sudah bisa dijadikan sebagai satu masukan penting bagi Anda. Sikap pewawancara yang ditunjukkan selama proses wawancara menjadi sebuah penilaian tersendiri apakah Anda cocok bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Sikap pewawancara yang kurang santun dan tidak menunjukkan sikap menghargai Anda sebagai calon karyawan mungkin jadi satu tanda kalau lingkungan perusahaan juga kurang menghargai terhadap orang lain. Anda bisa mempertimbangkan untuk menolak tawaran kerja di tempat ini.

2. Calon bos yang kaku

Terkadang saat proses interview, Anda dipertemukan dengan sang atasan atau calon bos Anda. Pada saat – saat seperti ini, kesempatan bagi Anda untuk memberikan penilaian bagi calon bos Anda. Apakah dia cukup memiliki kemampuan yang baik, cakap, kooperatif dan tidak kaku.

Bila Anda menemukan calon bos justru sebaliknya, dia kaku, tidak kooperatif, Anda bisa mempertimbangkan untuk menolak tawaran kerja di tempat ini juga. Cari tempat lain yang hati Anda bisa menerima.

3. Visi Misi perusahaan yang tak jelas

Perusahaan yang baik selalu memiliki visi misi yang jelas dalam menjalankan roda perusahaannya. Sebagai calon karyawan, hal ini juga menjadi sesuatu yang penting untuk Anda ketahui. Anda tentu tak ingin bila suatu saat nanti setelah Anda bergabung, perusahaan justru mengalami perkembangan yang cenderung menurun bahkan terancam kolaps.

Bila Anda mengetahui calon perusahaan tempat Anda berkerja belum atau tidak memiliki visi misi yang jelas, tak ada salahnya Anda menolak tawaran kerja di tempat ini dan mencari pengganti yang lebih baik.

4. Keadaan kantor yang kurang mendukung

Tak ada salahnya Anda melihat-lihat calon kantor dan ruang tempat kerja Anda. Adakah kenyamanan disana meliputi berbagai aspek, seperti desain ruangan, perlengkapan kerja, serta kemudahan berinteraksi antara sesama karyawan.

Bila Anda merasa tidak bisa menemukan kenyamanan di sana, ada baiknya Anda tolak tawaran kerja di tempat ini. Dikhawatirkan bila Anda memaksakan menerima kerja di tempat tersebut dengan keadaan yang tidak nyaman, hal itu akan mengganggu tingkat produktifitas yang mengakibatkan perkembangan karir Anda terhambat.

1 Comment

  1. Pingback: Kuliah Sambil Bekerja, Ini Manfaatnya - SamiShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *