Sering Lelah Dan Tak Kunjung Hilang, Bisa Jadi Ini Masalahnya

Sudah wajar bila orang merasa lelah setelah beraktifitas seharian. Waktu tidur yang sedikit, meeting maraton di kantor, dikejar deadline laporan pekerjaan, macet di jalanan, adalah sebagian kecil penyebab tubuh terasa penat dan lelah. Tetapi, adakalanya bukan hanya faktor di atas yang bikin rasa lelah cepat menyergap dan seakan tak hilang – hilang.

Alasan yang paling sering dialami banyak orang saat merasa lelah adalah masalah pola hidup sehari-hari. Mulai dari masalah kurang tidur, konsumsi makanan, hingga karena malas berolah raga. Sebagai contoh makanan atau minuman manis biasanya mudah membuat tubuh cepat lelah. Hal ini dikarenakan kadar gula darah mengalami fluktuasi dengan cepat sebagai efek dari makan makanan atau minuman manis.

Lelah dan Letih

Menurut J. Fred Ralston, Jr., MD, mantan presiden American College of Physicians, rasa lelah sebenarnya bisa dihindari dengan mudah yaitu dengan menerapkan diet sehat seimbang. “Kebanyakan orang merasa tidak terlalu lelah bila mereka menyantap diet sehat seimbang.”

Waktu tidur yang sedikit sebaiknya jangan diganggu dengan minuman berkafein atau yang mengandung alkohol jelang waktu tidur. Begitu pula dengan jadwal olah raga, bila sebelumnya rasa malas selalu tak bisa dikalahkan, sudah saatnya jadwal olah raga dijalani dengan rutin karena sebenarnya olah raga tidak membuat tubuh jadi lelah. Justru sebaliknya, bisa memulihkan energi. Sebuah penelitian menunjukkan saat orang kembali melakukan olah raga, rasa lelah semakin berkurang bila dibandingkan dengan orang yang hanya diam duduk duduk saja.

Memang, kenyataannya mengatasi rasa lelah yang tak kunjung hilang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang teori yang disebutkan diatas tidak memiliki efek apapun dalam mengusir kelelahan. Bila hal itu terjadi, berarti ada faktor lain yang perlu diwaspadai.

1. Masalah dengan Kelenjar tiroid

Kelenjar Teroid adalah salah satu kelenjar tubuh yang berfungsi mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon yang lain.

Adakalanya kelenjar teroid mengalami masalah yang membuat tubuh kelelahan dan tidak mudah hilang. Ciri – cirinya, rasa lelah yang dialami lebih disebabkan karena tubuh yang lemah dan lesu.

Lakukan tes darah untuk mengetahui kesehatan kelenjar teroid. Dan bila benar – benar mengalami masalah kelenjar teroid, konsultasikan pada dokter tentang cara terbaik menanganinya.

2. Anemia

Ada kemungkinan rasa lelah yang cepat menyerang disebabkan karena Anemia. Dan ini merupakan sebab yang paling sering ditemui pada banyak orang.

Namun, tidak perlu khawatir karena Anemia bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti aprikot, bit hijau, jagung, kangkung, bayam, kismis dan sayuran hijau lainnya ditambah dengan daging dan telur. Bila diperlukan, mengkonsumsi suplemen juga baik guna mencegah defsiensi besi kronis.

3. Mengalami Sleep Apnea

Sering lelah dan mudah mengantuk di siang hari, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur yang berupa sleep apnea. Sleep apnea adalah saat dimana Anda mengalami berhenti bernafas saat sedang tidur.

Ya, gangguan tidur sleep apnea memang benar – benar bisa terjadi bila Anda tidak memperhatikannya. Dan biasanya buat orang yang mengalami gangguan tidur sleep apnea ini, dokter akan merekomendasikan penggunaan C-PAP agar tidur lebih mudah dan nyenyak. C-PAP (Continuous Positive Airway Pressure) adalah alat bantu pernafasan saat tidur bagi orang yang sering mengalami gangguan sleep apnea. Dengan begitu tidur menjadi lebih lelap dan saat bangun tubuh jadi lebih segar. Siang harinya tidak merasa lelah dan tidak mudah mengantuk.

4. Gangguan jantung

Lain lagi bila rasa lelah bebarengan dengan sesak nafas. Anda perlu waspada karena ada kemungkinan Anda mengalami gangguan kesehatan jantung seperti kardiomiopati atau gangguan otot jantung yang menyebabkan jantung tidak bisa lagi berkontraksi secara memadai.

Sebaiknya segera konsultasi ke dokter spesialis jantung untuk didiagnosa karena penanangannya cukup rumit.

5. Depresi

Depresi bisa juga menjadi salah satu faktor rasa lelah yang tidak kunjung hilang. Ciri – cirinya Anda mengalami rasa lelah yang diikuti dengan perasaan sedih, tidak nafsu makan serta merasa seakan tidak ada kesenangan yang Anda temukan dari hal apapun bahkan dari hal yang paling digemari sekalipun.

Lelah

Jangan biarkan kesedihan yang mengganggu perasaan Anda ini terlalu lama bersemayam. Anda harus segera memulihkan perasaan Anda dengan mencari tahu apa yang menyebabkan Anda bersedih. Bila terlalu sulit, sebaiknya cari bantuan ke dokter atau psikiater agar perasaan Anda dikembalikan menjadi lebih baik seperti sebelumnya.

Itulah beberapa masalah yang mungkin menjadi penyebab rasa lelah Anda tak kunjung hilang.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *