Sering Menggunakan Laptop Dengan Dipangku? Waspadalah!

Semakin hari, kemajuan ilmu dan teknologi berkembang sangat pesat. Seperti sekarang ini perkembangan teknologi sudah serba canggih, cepat, dan efisien. Semua perkembangan tersebut memang sangat membantu kegiatan manusia sehari-hari, salah satunya dengan menggunakan laptop.

Jaman dulu kalau ingin membuat tugas akhir atau tugas kuliah harus menggunakan mesin tik, lalu berkembang menjadi komputer dengan tabung besar dan harus ada CPU. Sekarang ada laptop, komputer jinjing yang dapat anda bawa kemana-mana dengan praktis. Selain itu juga sangat efisien karena dilengkapi dengan sumber daya baterai sehingga tidak perlu aliran listrik.

Namun perkembangan tersebut tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan manusia karena dari barang elektronik tersebut dapat memancarkan radiasi yang berakibat fatal bagi kesehatan. Apakah anda tahu bahaya yang dapat ditimbulkan dari radiasi laptop tersebut? Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengatakan bahwa radiasi laptop menyebabkan gangguan kesuburan.

Berikut kami paparkan beberapa bahaya yang dapat muncul dari radiasi laptop bagi wanita, pria, ibu hamil, dan janin.

Semua barang elektronik akan menghasilkan radiasi, begitu juga laptop. Perangkat ini bisa mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik dimana sinar tersebut dapat mempengaruhi kesuburan wanita jika laptop diletakkan di atas paha dalam kondisi panas. Selain wanita pria juga dapat mengalami gangguan kesuburan jika diletakkan dengan cara dipangku.

Selain menganggu kesuburan, radiasi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika tubuh terus menerus terpapar radiasi akan menimbulkan rasa mual, pusing, dan sakit kepala. Efek yang lebih parah lagi yaitu gangguan pada mata.

Menggunakan Laptop Dengan Dipangku

Untuk menghindari dampak buruk yang ada, berikut ada tips mengenai cara menggunakan laptop yang baik agar terhindar dari sinar radiasinya.

1. Gunakan filter laptop

Dengan adanya filter pada laptop anda dapat mengurangi pancaran radiasi, selain itu monitor dengan kecerahan tinggi dapat berpengaruh pada kesehatan mata. Sebaiknya atur jarak antara mata dengan laptop anda, selain itu seringlah mengedipkan mata agar mata anda tidak kering.

2. Jangan meletakkan laptop pada bagian tubuh

Meletakkan laptop pada bagian tubuh dapat berpengaruh pada masalah kesehatan tubuh, khususnya jika laptop diletakkan di atas paha, perut, dan organ reproduksi. Jika kebiasaan itu terus dilakukan akan mengganggu kesuburan Anda. Selain itu pada wanita hamil sebaiknya jangan diletakkan alat elektronik ini di atas perut karena dapat mengganggu perkembangan janin.

So, tak ada larangan mengikuti kemajuan jaman, akan tetapi haruslah waspada akan dampak yang ditimbulkan sehingga harus berhati-hati dan harus menggunakan cara yang benar.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *