counter Siapa Pandit Ravi Shankar, Yang Jadi Google Doodle Hari Ini – Sami Share

Dunia

Siapa Pandit Ravi Shankar, Yang Jadi Google Doodle Hari Ini

on

Ada yang cukup istimewa pada hari ini, Kamis (7/2/2016), halaman muka Google Doodle menampilkan sebuah alat musik sitar dengan hiasan dedaunan hijau. Bila diklik akan langsung menampilkan pencarian sebuah nama yaitu Pandit Ravi Shankar. Siapakah dia sebenarnya?

Ternyata hari ini adalah tepat tanggal kelahiran seorang tokoh musik dunia, Pandit Ravi Shankar pada 7 April 1920. Dia adalah komposer terkenal dari India yang cukup ahli dalam bermain alat musik sitar.

Keahliannya memainkan sitar yang sangat luar biasa membuat Pandit Ravi Shankar dikenal sebagai komposer musik klasik Hindustan terbaik. Dia adalah salah satu murid sekolah musik klasik di India, Maihar Gharana yang didirikan oleh Allauddin Khan.

Permainan musik sitar Pandit Ravi Shankar juga sangat mempesona. Intrumentalis India ini mampu memberi pengaruh kekuatan pada musik klasik yang dimainkannya dari tradisi India ke dunia Barat. Selain dikarenakan kharisma pribadinya, hal ini tidak lepas dari kerjasama yang dilakukannya dengan kelompok musik rock asal Inggris, The Beatles.

Selama enam dekade, Pandit Ravi Shankar sukses merentangkan karirnya di dunia musik Instrument dan berhasil memperoleh penghargaan dari Guinness World Records untuk kategori karir internasional paling lama.

Terlepas dari nama besar dan sepak terjangnya di dunia musik, ada satu yang tidak bisa lepas dari dirinya, yaitu sitar. Sitar adalah salah satu alat musik petikkhas India yang menyerupai kecapi. Alat musik ini biasa dimainkan saat mengiringi tarian India. Bentuknya yang berongga serta memiliki leher yang cukup panjang membuat sitar lebih nampak sebagai perpaduan alat musik biola dan gitar.

Pandit Ravi Shankar

Sebagai kado perayaan ulang tahun ke 96 sekaligus sebagai sebuah penghargaan, Google menjadikan Pandit Ravi Shankar sebagai tampilan Google Doodle today.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *