Sudah Minum Pil KB Masih Tetap Hamil, Ini Sebabnya

Ada beragam program KB yang dipilih wanita. Meski semua memiliki tujuan sama yaitu menunda kehamilan, namun tak jarang kehamilan masih juga bisa terjadi. Salah satunya adalah program KB dengan minum pil. Banyak wanita yang sudah mengikuti program KB pil, tapi tetap hamil.

Apakah pil KBnya yang tidak manjur atau ada kesalahan lain, wanita tentu harus meneliti apa yang jadi penyebabnya.

Menurut Anash, salah seorang bidan di kecamatan Percut Satuan, Sumatera Utara, biasanya kesalahan terjadi pada  wanita dalam menjalankan program KB pil yang diikutinya. Mereka tidak disiplin mengikuti aturan yang ditetapkan seperti harus rutin minum pil tiap hari. Banyak wanita yang masih sering lupa tidak minum pil KB lalu dia melakukan hubungan badan dengan suami sehingga terjadilah hamil. Hal semacam ini kemudian dihubung-hubungkan dengan ketidakmajuran pil KB yang diminumnya.

Kesimpulannya, bila wanita mengikuti program KB pil sudah seharusnya menjalankannya sesuai aturan. Siklus kaleder KB harus diikuti dengan baik agar program keluarga berencana yang diinginkan bisa terjaga.

“Saya memiliki pasien yang saat ini sudah minum KB selama puluhan tahun, tetapi dia masih tetap terjaga progam kesejahteraan masyarakatnya. Tapi kalau yang tidak rutin, kehamilan tentu pasti akan terjadi. Pasalnya, minum pil KB tidak bisa sehari minum besoknya tidak, tetapi harus melakukannya dengan rutin dan telaten,” tutur Anash sebagaimana dikutip dari Okezone.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *