counter Tak Suka Susu, Makanan Inipun Bisa Mencegah Osteoporosis – Sami Share

Kesehatan

Tak Suka Susu, Makanan Inipun Bisa Mencegah Osteoporosis

on

Saat bicara soal usia, banyak orang mendambakan diberi anugerah usia yang panjang. Bisa melihat anak-anak dan cucu-cucu berkembang semakin besar dan pintar.

Namun, bila Tuhan memang benar-benar memberikan anugerah usia yang panjang, itu artinya ada sesuatu hal yang pasti terjadi dan tidak bisa dihindarkan yaitu penuaan. Secara kodrati, semakin panjang usia, semakin berkurang juga nikmat dirasa. Kondisi fisik makin tidak menarik, tenaga makin melemah, makan makin tidak enak, penglihatan kadang berkurang, dan masih banyak lagi kekurangan – kekurangan yang lain.

Begitu juga dengan masalah tulang. Jangan berharap bahwa tulang memiliki kekuatan yang sama seperti saat masih muda. Seperti kita tahu, tulang adalah penyangga tubuh satu-satunya. Tubuh tetap kokoh dan kuat karena ditunjang oleh tulang yang kuat. Karena itu, menjaga kesehatan dan kekuatan tulang adalah hal yang wajib dilakukan bagi siapapun bila tetap menghendaki memiliki tubuh yang kuat hingga hari tua.

Tulang Kuat

Banyak cara bisa dilakukan sejak dini untuk mendapatkan tulang yang kuat dalam waktu yang lama serta mencegah osteoporosis. Mulai dari berbagai olah raga hingga memperbanyak nutrisi untuk tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kalsium dan protein. Salah satu yang paling terkenal adalah dengan rajin minum susu tiap hari serta mengkonsumsi hasil olahan susu. Namun, susu bukanlah satu-satunya yang bisa membantu tulang menjadi kuat.

Bagi yang tak suka susu, makanan berikut ini bisa jadi alternatif utama membantu tulang menjadi kuat dan mencegah osteoporosis bila dikonsumsi secara rutin.

Kedelai

Tahu dan tempe adalah produk olahan kedelai yang paling mudah ditemui dipasar, pusat perbelanjaan atau di tempat penjaja sayur keliling. Bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan baik direbus, digoreng, ditumis atau dibuat camilan. Rasanya enak dan tidak enek. Olahan lain dari kedelai yang tak kalah nikmatnya adalah susu kedelai. Makanan dan susu dari olahan kedelai ini sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak protein dan mineral yang bisa membantu menguatkan tulang dan gigi.

Kedelai dan Olahan Kedelai

Ikan laut

Ada banyak jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dan mineral kalsium seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan sardin. Bagi penggemar sea food tentu tidak asing dengan jenis ikan – ikan di atas. Disamping mendapatkan kelezatannya, mengkonsumsi sea food sangat baik bagi tubuh dan dapat membantu membentuk tulang yang kuat. Tentu saja dalam porsi yang tidak berlebihan. Cukup dengan 2 – 3 kali dalam seminggu agar tidak terkena racun merkuri.

Salmon Sashimi

Sayuran hijau

Kalsium, atau mineral untuk membentuk tulang kuat juga terdapat pada aneka sayuran hijau seperti sawi, bayam, kubis, kangkung, selada dan yang lain. Guna mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya tidak terlalu lama saat proses memasak karena bisa mengurangi bahkan menghilangkan kandungan mineralnya. Selain menguatkan tulang, sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang bermanfaat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan nutris ke seluruh anggota tubuh.

Sayuran Hijau

Jadi, bagi yang tidak suka minum susu dan olahannya tidak perlu gelisah. Mengkonsumsi tiga jenis makanan sehat di atas juga dapat membantu tulang tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Recommended for you

3 Comments

  1. Pingback: 7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan | Sami Share

  2. Pingback: 12 Manfaat Minum Susu Sapi Tiap Hari | Sami Share

  3. Pingback: 6 Manfaat Sayur Jengkol Yang Harus Anda Ketahui | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *