counter Takut Diabetes, Inilah 4 Pemanis Alternatif Pengganti Gula Putih – Sami Share

Info

Takut Diabetes, Inilah 4 Pemanis Alternatif Pengganti Gula Putih

on

Bukan rahasia bila gula putih telah menjadi bagian hidup sehari-hari. Dalam setiap menu hampir bisa dipastikan gula putih tidak akan tertinggal.

Ya, gula khususnya gula putih memang istimewa. Selain menjadi pelengkap makanan dan minuman, gula memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah membuat stamina tubuh yang lemas menjadi bugar kembali.

Tapi, bagi sebagian orang, gula putih bisa jadi sumber ‘bencana’. Mengkonsumsinya dalam jumlah tertentu justru meningkatkan risiko terserang penyakit seperti diabetes. Oleh karena itu, perlu alternatif lain agar para penggemar rasa manis agar tetap bisa menikmati makanan dan minuman manis tanpa dihantui perasaan was-was akan akibat buruk yang ditimbulkan.

Berikut 4 pemanis alternatif pengganti gula putih yang cukup aman dikonsumsi agar asupan gula dalam tubuh tetap terjaga.

Gula merah

GULA MERAH

Seperti dikutip dari wikipedia, Gula merah atau gula aren adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau yang memiliki rasa manis lebih alami dibandingkan dengan gula putih. Gula merah termasuk makanan manis yang sehat. Didalamnya terkandung banyak mineral seperti kalsium, potasium, magnesium, zat besi yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gula aren bisa mudah ditemukan hampir di setiap pasar seluruh Indonesia karena gula ini cukup memasyarakat dan harganya juga sangat murah.

Madu

 

MADU

Bagi yang mudah mendapatkannya, madu juga bisa menjadi alternatif pemanis selain gula putih. Madu bisa digunakan untuk tambahan pada minuman maupun makanan. Soal manfaat tak usah ragu. Madu hampir tidak memiliki efek samping terutama madu yang masih asli alias bukan madu olahan. Madu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta bisa digunakan untuk mengontrol berat badan.

Maple

Sirup Maple pengganti gula putih

Ingat, sirup maple bukan sirup apel. Bagi umumnya orang Indonesia, sirup mape memang kurang dikenal. Selain barangnya tak begitu tersedia dalam jumlah banyak, harganya juga sangat mahal.

Sirup maple adalah sirup yang dibuat dari sadapan getah pohon maple yang biasa tumbuh di benua Eropa dan daerah lain yang memiliki iklim salju. Bagi penderita diabetes, sirup ini lebih baik untuk dikonsumsi dari pada madu dan gula putih.

Sirup maple mengandung zat quebecol yang bermanfaat mencegah sejumlah penyakit seperti diabetes, alzheimer, kanker dan penyakit lain yang bersumber dari bakteri.

Kelapa

Kelapa parut pengganti gula putih

Meski tak semanis gula putih, parutan kelapa bisa jadi satu alternatif pengganti gula putih. Hanya sayang, parutan kelapa sangat tidak cocok ditambahkan dalam secangkir kopi atau teh. Beberapa jenis kue akan terasa makin lezat bila dimakan berama dengan parutan kelapa muda.

So, bagi penggemar manis yang lagi berpantang gula putih tak perlu gelisah, masih ada 4 pemanis alternatif pengganti gula putih yang sehat untuk dikonsumsi, asal tidak berlebihan.

 

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: 5 Tips Efektif untuk Menghilangkan Cegukan - Sami Share

  2. Pingback: Manfaat Buah Tomat Bagi Tubuh - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *