Teknik 4-7-8, Teknik Ampuh Atasi Gangguan Tidur

Jika alat bantu tidur seperti mandi air hangat, minum susu hangat, menelan pil tidur, masker mata atau yang lainnya masih tetap tidak bisa mengatasi gangguan susah tidur atau imsomnia, Anda tak perlu cemas. Seorang ilmuwan asal Arizona, Dr. Andrew Weill mengklaim telah menemukan satu teknik untuk mengatasi gangguan imsomnia, yaitu The 4-7-8 Breathing Exercise atau teknik pernafasan 4-7-8. Dikatakan teknik 4-7-8 karena praktek pernafasan teknik ini berpatokan pada hitungan 4, 7, dan 8.

4-7-8 Breathing Exercise

Teknik ini sangat sederhana, tidak membutuhkan waktu lama, tanpa peralatan apapun dan bisa dilakukan di mana saja. Meski demikian, efek dari teknik pernafasan 4-7-8 ini akan segera terasa.

“Teknik pernapasan 4-7-8 bisa membantu Anda tertidur hanya dalam 60 detik dimana teknik ini bertindak sebagai tranquiliser alami untuk sistem saraf yang mengurangi stres dan ketegangan dalam tubuh,” kata Dr. Weill seperti dilansir Yahoo Health.

Sekalipun teknik pernafasan 4-7-8 ini bisa dilakukan dalam posisi apapun, ada baiknya Anda melakukan sesuai yang diajarkan Dr. Weil.

  • Duduklah dengan tegak, posisi punggung lurus.
  • Tempatkan ujung lidah tepat di belakang gigi depan bagian atas. Posisikan lidah tetap seperti ini selama melakukan teknik pernafasan.
  • Lakukan pernafasan dengan cara seperti berikut :
  1. Buang nafas kuat – kuat melalui mulut hingga mengeluarkan suara menderu atau “whoosh”;
  2. Tutup mulut rapat – rapat, lalu tarik nafas pelan – pelan melalui hidung selama empat hitungan;
  3. Berhenti dan tahan nafas selama tujuh hitungan;
  4. Buang nafas sepenuhnya melalui mulut sampai mengeluarkan suara menderu atau “whoosh” selama delapan hitungan;

Keempat cara tersebut adalah untuk satu kali nafas. Ulangi sampai 3-4 kali dengan cara tersebut

Ingatlah untuk menghembuskan napas melalui mulut dan tarik napas melalui hidung; tidak boleh sebaliknya. Berikut adalah video contoh teknik pernafasan 4-7-8 yang dipraktekkan langsung oleh Dr. Andrew Weil.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *