Teknik Berjalan Yang Baik Dan Menyehatkan

Kita kadang tidak menyadari bahwa berjalan yang baik dan menyehatkan memerlukan beberapa teknik. Tidak asal melangkahkan kaki kanan dan kiri bergantian.

Hingga hari ini, berjalan merupakan salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan manusia. Dan mungkin akan tetap dilakukan selama anggota tubuh yang digunakan untuk berjalan masih berfungsi.

Berjalan juga menjadi olahraga yang menyehatkan dan paling mudah dilakukan oleh siapapun. Disamping itu, berjalan hampir tidak memerlukan biaya dan tempat yang khusus. Ini berbeda dengan olah raga semacam renang, sepakbola, tenis meja atau terjun payung.

jalan kaki

Bagi kita yang ingin memperoleh hasil berjalan yang baik dan menyehatkan, ada teknik yang harus diterapkan pada anggota tubuh dari yang paling atas yaitu kepala hingga yang paling bawah yaitu kaki.

  1. Kaki
    Usahakan untuk selalu mengangkat kaki (dari ujung jari kaki hingga tumit) ketika melangkah dan tidak menyeret telapak kaki karena akan banyak energi yang terbuang. Semakin lama berjalan menyeret kaki, semakin banyak pula energi yang terbuang. Imbasnya, belum sampai jauh kita berjalan sudah terasa lelah.
    Untuk mendapatkan berjalan yang nyaman, aturlah agar posisi kaki sejajar dengan lebar bahu.
  2. Badan
    Biarkan pinggul bergerak maju mundur mengikuti ritme berjalan kita.
  3. Tangan
    Posisi siku dalam sudut 90 derajat. Gerakan tangan mengikuti gerakan tubuh dan tetap santai. Tangan kanan kiri bergantian ke depan ke belakang dalam posisi rapat ke tubuh.
  4. Kepala, Leher, dan Bahu
    Kepala dalam posisi tegak dengan pandangan lurus ke depan. Otot leher dan bahu dalam keadaan santai agar tidak cepat lelah.

Lakukan teknik-teknik di atas dengan rileks agar menjadi aktifitas berjalan yang baik dan menyehatkan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *