Tips Makan Sehat Untuk Wanita Hamil 38 Minggu Atau Trimester Ketiga

Saat kehamilan memasuki 38 minggu atau masuk pada trimester ketiga banyak terjadi perubahan, terutama sekali pada berat badan sang bunda. Untuk wanita hamil yang sudah masuk pada usia ini, biasanya perkembangan janin 38 minggu semakin kuat bahkan sudah bisa menekan ataupun menendang.

Pada usia kehamilan 38 minggu, biasanya wanita hamil mulai merasakan kontraksi palsu atau dalam ilmu kedokteran biasa disebut dengan braxton hicks. Kontraksi yang terjadi pada kehamilan 38 minggu ini memang tidak teratur, sehingga bisa menyebabkan rasa sakit pada sang bunda di bagian pinggul dan juga perut. Selama masih dalam tahap kewajaran, wanita hamil tidak perlu terlalu cemas dengan keadaan seperti ini. Yang terpenting dilakukan adalah selalu menjaga kesehatan dirinya dan sang buah hati yang masih dalam kandungan. Selalu konsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, jangan sampai terlalu capek dan selalu enjoy alias tidak stres.

Trisemester III

Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi wanita hamil yang usia kandungannya sudah masuk pada trimester ketiga.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Yogurt

Tips pertama saat wanita hamil memasuki 38 minggu usia kehamilan adalah dengan mengkonsumsi yogurt. Tujuannya adalah untuk memberikan asupan berupa gizi yang sangat bermanfaat untuk bayi, baik itu kalsium, vitamin ataupun mineral. Sehingga pada saat melahirkan bayi akan sehat, selamat dan juga sempurna pembentukan tubuhnya.

2. Konsumsi String Keju

Makanan wanita hamil 38 minggu yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi keju karena keju memiliki kandungan vitamin, protein dan kalsium. Kalsium sangat baik untuk pembentukan tulang sang bayi sehingga bentuk tubuhnya bisa sempurna. Usahakan untuk tidak melewatkan keju dalam menu makanan sehari – hari.

3. Buah Pisang

Kandungan kalium dan juga zat besi dalam buah pisang ini ternyata sangat berguna bagi wanita hamil. Selain rasanya enak dan teksturnya lembut buah pisang cukup murah dan mudah didapat. Buah pisang bisa dibeli di pasar – pasar terdekat, atau bisa juga didapatkan dengan gratis jika Anda memiliki kebun pisang.

4. Boleh Mengkonsumsi Kerupuk Sehat

Kebiasaan orang Indonesia adalah sulit berpisah dengan kerupuk saat makan. Rasanya yang renyah dan gurih bisa membantu membangkitkan selera makan. Lalu bagaimana dengan wanita hamil, apakah tetap diperlehkan atau dilarang?.

Tidak ada larangan wanita hamil 38 minggu mengkonsumsi kerupuk selama kerupuk yang dimakannya sehat. Kriterianya tidak mengandung bahan kimia, tidak mengandung MSG berlebihan, tidak menggunakan obat pengawet, tidak menggunakan pemutih, dan tidak mengandung kadar garam sangat tinggi. Pilih kerupuk bergizi semisal kerupuk tahu, kerupuk susu, kerupuk udang, kerupuk kacang hijau. Pilih yang berwarna alami karena dikhawatirkan kerupuk warna warni mengandung bahan pewana berbahaya. Bila ingin lebih aman, goreng sendiri di rumah dengan minyak goreng baru. Dan yang terpenting jangan berlebihan.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *