counter Tips Membeli HP Bekas Berkualitas – Sami Share

HP

Tips Membeli HP Bekas Berkualitas

on

Walaupun HP baru dengan berbagai merek terus bermunculan, ternyata masih banyak orang yang menjatuhkan pilihannya dengan membeli HP bekas. Hal ini dikarenakan harga HP bekas dengan HP baru cenderung selisih cukup banyak, bahkan beberapa merek HP bekas harga turun hingga 50 persen dari versi barunya.

Jika kita termasuk orang yang menjatuhkan pilihan membeli HP bekas, usahakan membeli HP bekas yang berkualitas dan betul-betul dalam kondisi baik.

hp bekas

Ada beberapa tips yang layak kita perhatikan jika ingin membeli HP bekas yang berkualitas.

Periksa fisik HP
Kita mesti detail memeriksa setiap bagian mulai dari keyboard, layar, kamera (kalau ada), baterai. Periksa juga apakah ada yang tergores atau retak. Walaupun agak lama, tapi tips ini perlu dilakukan agar kita tidak kecewa dikemudian hari.

Periksa tombol HP atau keyboard pada touchscreen
Jangan sampai ada tombol yang tidak berfungsi dengan baik, meliputi fungsi power (on/off), lock key, tombol kamera juga menu pintas. Mengapa, karena tombol-tombol tersebut sangat rawan terhadap kerusakan.

Periksa kamera dan segala fiturnya
Jika kita memutuskan membeli HP bekas dengan fitur kamera, maka perlu kita periksa apakah kualitas gambar masih bagus serta serta sesuai dengan spesifikasinya, apakah blitz masih dapat menyala, apakah auto zoom masih bisa digunakan.

Periksa apakah ada air yang pernah masuk
Untuk menghindari kerusakan listrik, perlu kita periksa apakah HP bekas tersebut pernah kemasukan air. Cek stiker indikator yang terletak di bagian dalam tempat baterai, apakah ada perubahan warna. HP yang belum pernah kemasukan air stiker biasanya berwarna putih. Kalau sudah berwarna merah berarti pernah kemasukan air.

hp pernah kemasukan air


HP Pernah Kemasukan air

hp belum pernah kemasukan air

HP Belum Pernah Kemasukan Air

Periksa identitas HP / nomor IMEI

Seperti halnya membeli HP baru, membeli HP bekas juga harus dipastikan identitas HP-nya dengan cara mengecek nomor identitasnya atau nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). Apakah sama, nomor IMEI pada HP dengan dus HP tersebut.
Untuk periksa nomor IMEI : ketik *#06#, otomatis nomor IMEI akan muncul. Perhatikan lalu samakan dengan yang tertera pada dus.
Jika ada perbedaan nomor, atau malah dus HPnya tidak tertera nomor IMEI, sebaiknya kita urungkan untuk membeli HP bekas tersebut sebab, bisa jadi itu adalah ulah di penjual HP untuk memanipulasi. Patut dicurigai juga HP bekas tersebut hasil kejahatan.

Periksa kelengkapan HP
Antara satu HP dengan HP yang lain, kelengkapannya bisa saja berbeda. tergantung dari HP bekas yang mau kita beli, sebaiknya periksa changer, kabel data, handsfree, buku panduan, CD driver dan yang lain apakah masih komplit atau ada yang kurang. Karena jika ada yang kurang mungkin akan bikin repot kita di depan. Kekurangan perangkat juga dapat menurunkan harga jual dan harga beli.

Periksa garansi, masih ada atau tidak
Barangkali masih ada garansi, berarti HP bekas tersebut masih terhitung baru. Jika kemudian kita mendapati kerusakan pada HP tersebut, garansi masih bisa digunakan untuk jaminan perbaikan. Hemat biaya

Periksa harga
Silahkan kita berkeliling terlebih dahulu untuk mencari perbandingan harga sebelum kita memutuskan untuk membeli HP bekas. Tidak perlu buru-buru, dari pada kecewa dan menyesal belakangan. Bisa juga kita mencari informasi harga lewat internet atau tabloid khusus HP.

Semoga tips sederhana ini berguna buat kita khusunya bagi yang menghendaki membeli HP bekas. Adapun bagi yang menginginkan membeli HP baru, baca tipsnya membeli HP baru.

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: Tips Membeli HP Baru Agar Tidak Kecewa - Sami Share

  2. Pingback: Gagal Diet ? Makan Tak Terkendali ? Begini Cara Mengatasinya | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *