counter Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas – Sami Share

Auto

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

on

Jika karena suatu alasan Anda tidak berkesempatan membeli mobil baru, mobil bekas pun tidak jadi soal. Yang penting berkualitas. Ibarat kata pepatah “tak ada rotan, akar pun jadi”.

Keinginan memiliki sebuah mobil adalah keinginan yang manusiawi. Apapun jenis dan mereknya, mobil memang memiliki fungsi yang besar dalam menunjang aktifitas kita sehari-hari. Jika ditanyakan kepada Anda, mobil seperti apa yang Anda inginkan? Tentu jawabannya hampir sama, mobil baru. Ya, mobil baru memang memiliki banyak kelebihan dibanding mobil bekas.

Akan tetapi, Anda harus jeli, teliti dan tidak buru-buru agar tidak kecewa di kemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan membeli mobil bekas.

1. Ketahui riwayat kepemilikan mobil

membeli mobil bekas

Perhatikan BPKB atau surat Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor. Tanyakan kepada pemiliknya apakah mobil itu pernah pindah tangan sebelumnya. Tanyakan juga kepada warga sekitar pemilik mobil untuk memastikan kepemilikan mobil tangan pertama, kedua, atau mungkin ketiga.

2. Perhatikan kondisi mobil

Ketahui dengan pasti bagaimana kondisi fisiknya. Apakah pernah mengalami kecelakaan baik ringan atau berat. Apakah bodinya pernah mengalami penyok atau masih asli. Cara termudah adalah dengan melihat penampilan catnya. Cat bawaan pabrik sangat berbeda dengan cat baru bekas dempulan. Ketok – ketoklah dengan ringan menggunakan tangan. Jika masih asli biasanya akan bersuara nyaring. Namun bila sudah sudah dempulan, suara terdengar berat karena terlapisi dempul.

Jika mobil bekas yang mau Anda beli berada di daerah banjir, ketahui juga apakah mobil pernah terendam banjir atau tidak. Lihat bagian kabin karena bekas banjir biasanya selalu meninggalkan jejak yang terlihat.

3. Perhatikan kondisi mesin

Lakukan test drive berkali – kali di jalanan yang berbeda – beda agar Anda mengetahui secara pasti bagaimana kondisi mesin mobil. Dengarkan suara mesinnya, apakah ada yang aneh atau tidak. Jika Anda kurang yakin dengan kondisi mobil, silahkan Anda cek lebih detail agar Anda menjadi yakin.

Akan lebih baik jika tips membeli mobil bekas berkualitas di atas Anda lakukan sendiri kalau Anda mengetahui tentang seluk beluk mobil. Tapi jika tidak, sebaiknya Anda minta tolong atau mengajak teman yang berpengalaman soal mobil agar Anda tidak terjerumus. Selamat mencoba !

Recommended for you

4 Comments

  1. Pingback: 10 Mobil Paling Eksklusif Ini, Tak Sembarang Orang Bisa Memiliki | Sami Share

  2. Pingback: Toyota Calya Menggoda Peminat Avanza? - SamiShare

  3. Pingback: 4 Tips Mudah Mengetahui Ciri Mobil Bekas Kebanjiran - SamiShare

  4. Pingback: Toyota Calya Bikin Peminat Avanza Tergoda - Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *