Tips Merawat Rambut Agar Sehat, Lebih Cepat Panjang, Tidak Mudah Rontok dan Tidak Bercabang

Siapapun tahu kalau bagi Anda kaum wanita, rambut adalah salah satu mahkota yang paling berharga. Rambut juga menjadi salah satu faktor kecantikan yang paling terlihat. Semakin indah dan terawat sehat, semakin menarik pula penampilan Anda.

Namun, adakalanya Anda dibuat pusing oleh kondisi rambut Anda sendiri karena berbagai persoalan yang menimpa, seperti kondisi rambut yang kering, mudah rontok, bercabang, terlalu banyak ketombe bahkan rambut yang sulit tumbuh lebih panjang. rambut hitam panjangSebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut agar sehat, lebih cepat panjang, tidak mudah rontok dan tidak bercabang. Baik itu yang dilakukan sendiri menggunakan bahan – bahan alami, maupun yang dilakukan secara khusus di tempat perawatan kecantikan rambut seperti salon – salon kecantikan yang banyak bertebaran dimana – mana. Masing – masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri – sendiri.

Kalau Anda melakukan sendiri dengan bahan – bahan alami, Anda akan lebih bisa menjamin kebersihan dan keamanannya. Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis, tanpa keluar biaya. Namun, kadang Anda kurang pengetahuan tentang cara dan porsi menggunakan bahan alami tersebut.

Kalau Anda merawat rambut di salon kecantikan rambut, disamping biayanya cukup mahal Anda belum tentu mendapatkan jaminan keamanan bahan – bahan yang digunakan untuk perawatan rambut Anda. Terkecuali kalau Anda sudah mengetahui secara pasti bagaimana pelayanan dan bahan yang digunakan pada salon kecantikan tempat Anda merawat rambut. Di salon kecantikan, Anda bisa memilih berbagai gaya rambut yang Anda inginkan. Seperti mengganti warna rambut, meluruskan rambut, mengkeriting rambut bahkan memanjangkan rambut secara cepat. Namun perlu Anda ketahui, kadang kala seringnya Anda melakukan perawatan di salon kecantikan dengan menggunakan bahan kimiawi membuat rambut Anda tidak semakin sehat. Maka Anda perlu berhenti mengikuti kebiasaan styling dan mengembalikan kondisi rambut Anda pada aslinya, lalu lakukan perawatan menggunakan bahan – bahan alami yang menyehatkan.

Berikut adalah beberapa tips merawat rambut agar sehat, lebih cepat panjang, tidak mudah rontok dan tidak bercabang yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tanpa harus keluar banyak biaya perawatan.

Tips merawat rambut agar tidak mudah rontok

Saat masa peralihan pertama kali dari kebiasaan styling rambut menggunakan bahan kimiawi ke perawatan alami, Anda akan merasakan sedikit keluhan seperti rambut yang mudah rontok. Hal itu wajar, itu adalah efek dari bahan kimiawi yang Anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir, karena keluhan Anda bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami yang mudah Anda dapatkan.

Cobalah untuk memanfaatkan lendir lidah buaya atau aloevera. Caranya ambil satu batang lidah buaya lalu potong atau patahkan menjadi dua bagian. Oleskan lendir yang keluar dari kedua potongan lidah buaya tersebut ke pangkal rambut atau kulit kepala hingga ke ujung rambut. Lakukan secara merata ke seluruh bagian rambut. Setelah itu diamkan rambut atau bungkus dengan handuk selama kurang lebih 15 menit agar kandungan lidah buaya meresap. Baru kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Cara lain adalah dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan minyak kelapa. Campurkan dua sendok minyak zaitun yang masih asli dengan satu sendok minyak kelapa yang sudah di panaskan sebelumnya ke dalam wadah. Bisa mangkuk, piring kecil atau lainnya. Oleskan campuran kedua minyak tersebut ke rambut secara merata sambil lakukan pijatan ringan pada kulit kepala. Lalu bungkus dengan handuk atau topi mandi. Diamkan selama satu hingga dua jam. Akan lebih baik jika cara kedua ini dilakukan malam hari ketika hendak tidur. Setelah bangun, bilas rambut menggunakan shampo herbal hingga bersih.

Tips merawat rambut yang bercabang

Salah satu efek dari pemakaian bahan kimiawi untuk perawatan rambut adalah rambut semakin kering, terlihat kusam bahkan bercabang. Hal ini tentu mempengaruhi penampilan Anda. Rambut Anda terlihat tidak sehat seperti tidak terawat.
Jika Anda tidak ingin rambut Anda semakin terlihat rusak, segeralah lakukan perawatan menggunakan bahan – bahan alami.

Oleskan minyak zaitun sebelum keramas ke seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan shampo herbal dan air bersih.

Cara lain adalah dengan menggunakan buah alpukat. Haluskan satu buah alpukat dan campur dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Balurkan ke rambut lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan shampo herbal dan air bersih. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu hingga rambut Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah bercabang.

Hindari juga kebiasaan menggosok rambut dengan handuk setelah keramas dan biarkan rambut kering secara alami. Lalu gunakan kondisioner.

Pergunakan sisir bergigi agak renggang untuk merapikan rambut dan hindari penggunaan sisir dengan gigi rapat.

Kalau Anda suka, Anda bisa memendekkan rambut Anda tiap enam bulan sekali dan itu lebih baik karena ujung rambut Anda yang sudah berumur lebih tua akan digantikan dengan yang lebih muda.

Tips merawat rambut agar lebih cepat panjang

Persoalan lain yang berhubungan dengan rambut adalah keinginan Anda untuk memiliki rambut panjang secara cepat. Ini adalah hal yang wajar bagi banyak orang termasuk Anda karena rambut panjang memang mudah di kreasi berbagai model. Untuk memiliki rambut panjang, Anda bisa mendapatkannya dengan cara instan maupun bukan instan. Cara instan adalah dengan cara menggunakan rambut palsu yang panjang. Tentu ini hanya sekedar penampilan karena Anda tidak benar – benar memiliki rambut panjang.

Ada cara lain merawat rambut Anda agar lebih cepat panjang secara alami, yaitu dengan memberikan protein pada rambut secara teratur. Beberapa makanan memang memiliki manfaat mempercepat pertumbuhan rambut seperti daging, susu, serta telur. Makanan – makanan tersebut memproduksi animo acid yang mendorong tumbuhnya kandungan keratin pada rambut. Rambut akan terangsang untuk tumbuh lebih cepat dan kuat.

Jangan sering berganti – ganti warna rambut karena efek kimiawi dari pewarna rambut dapat menghambat pertumbuhan rambut. Biarkanlah rambut Anda tumbuh dengan warna aslinya dan lakukan perawatan alami agar rambut Anda semakin kuat dan pertumbuhan tidak terhambat.

Penggunaan minyak zaitun seperti penjelasan di atas juga bagus untuk pertumbuhan rambut agar lebih cepat.

Bisa juga menggunakan santan kelapa. Caranya basahi rambut dan kulit kepala secara merata menggunakan santan kelapa lalu bungkus rambut dengan handuk. Diamkan kurang lebih 20 menit kemudia bilas menggunakan air bersih.

Yang tak kalah penting setelah cara – cara di atas Anda lakukan adalah biasakan selalu bahagia dan menghindari pikiran stres.

Itulah beberapa tips merawat rambut agar sehat, lebih cepat panjang, tidak mudah rontok dan tidak bercabang.

Selamat mencoba !

Image Source
Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *