Tips Penting Membeli Sepeda Motor Baru

Kebanyakan para peminat sepeda motor akan tertarik dengan harga sepeda motor yang diberikan dari setiap dealer motor. Tapi sebenarnya hal yang paling penting adalah bukan mengenai harga sepeda motor yang diberikan. Sebab belum tentu harga yang murah dapat menjamin motor Anda kepada dealer tersebut ketika mengalami kerusakan.

Dalam membeli sepeda motor, ada baiknya Anda tidak selalu memperhatikan diskon yang diberikan oleh dealer tersebut. Anda juga harus memastikan jika dealer tersebut juga akan bertanggung jawab jika motor Anda mengalami kerusakan, dan siap memberikan pelayanan kepada Anda baik itu pembelian secara kredit maupun cash. Untuk itu Anda sebagai pembeli harus lebih teliti dan cermat lagi dalam menentukan dealer mana yang akan Anda percaya untuk melakukan pembelian sepeda motor.

Tips membeli sepeda motor baru

Cek Sebelum Membeli Sepeda Motor

Berikut ini tips penting membeli motor selain terpengaruh dari harga sepeda motor.

1. Memilih Dealer sepeda motor yang Resmi

Jangan karena harga sepeda motor yang diberikan dari dealer tersebut murah, maka Anda lebih memilih dealer tersebut padahal bukan merupakan dealer yang resmi. Sebab ada beberapa dealer yang tidak resmi melakukan kecurangan dengan mengganti komponen motor yang asli dengan yang palsu atau bahkan yang mengalami cacat. Hal inilah yang membuat terkadang dealer yang tidak resmi lebih memberikan harga yang miring dibandingkan dengan dealer yang resmi.

2. Melakukan Pengecekan Fitur dan Kelengkapan

Dalam membeli sepeda motor, sudah pasti Anda tidak hanya mendapatkan motor saja. Tetapi juga beberapa fitur dan kelengkapan yang lainnya, mulai dari jaket, helm, kardus untuk helm, buku servis, buku panduan, dan lain sebagainya. Apabila Anda merasa ada yang kurang dan tidak lengkap maka Anda perlu mencurigai jika sepeda motor yang Anda beli tersebut. Karena dalam standarisasi penjualan motor semua fitur yang terdapat di dalamnya haruslah lengkap.

3. Menyesuaikan dengan Budget Anda

Untuk melakukan pembelian motor, ada baiknya Anda menyesuaikan antara budget dengan harga sepeda motor. Jangan sampai Anda membeli motor dengan kualitas yang sama dari motor yang sebelumnya tetapi harganya jauh lebih mahal.

4. Tidak Selalu Yang Mahal Itu Bagus

Meskipun Anda membeli sepeda motor yang murah, namun jika Anda sering melakukan perawatan yang rutin untuk motor Anda serta mendapatkan jaminan untuk spare part yang mudah didapat maka kualitas yang didapatkan juga jauh lebih baik dan lebih awet tentunya jika dibandingkan dengan motor yang mahal. Jangan sampai Anda memilih motor dengan harga yang mahal karena terbujuk rayuan dari SPG motor tersebut.

5. Memperhatikan Garansi Motor Yang Diberikan

Dalam membeli sepeda motor pastinya Anda akan mendapatkan sebuah garansi. Untuk itu Anda harus memperhatikan garansi yang diberikan oleh pihak dealer yang Anda jadikan sebagai pilihan untuk membeli sepeda motor. Hal ini sangat penting sebab selama mempunyai hak atas kepemilikan kendaraan, maka Anda berhak mendapatkan jaminan pelayanan purna jual.

6. Melakukan Pengecekan Dari Harga Pasar

Ada baiknya sebelum Anda membeli sepeda motor terlebih dahulu Anda melakukan pengecekan terhadap harga pasar yang resmi dikeluarkan oleh pihak perusahaan. Karena untuk setiap dealer motor yang menyediakan sepeda motor biasanya memberikan harga yang berbeda. Untuk itu Anda dapat memilih dealer dengan harga sepeda motor yang lebih murah.

7. Menanyakan Mengenai Plat Putih

Ketika Anda melakukan pembelian motor, maka akan ada sebuah pengurusan dokumen yang akan memakan banyak waktu. Pastinya motor Anda belum mempunyai plat dalam beberapa minggu bahkan bulan. Untuk memberikan kenyamanan, Anda harus menanyakan mengenai plat putih, sehingga dapat digunakan ketika berada di jalan raya.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *