SEO Sederhana Ini Bikin Artikel ‘Nangkring’ Di Halaman 1 Google

Bagi sebagian besar blogger, SEO bukanlah hal asing lagi. Ketenarannya bahkan hampir menyamai kata blogging itu sendiri. Kata mereka, belum dikatakan blogger sungguhan kalau belum kenal sama yang namanya SEO. Weee, apa sih SEO itu sampe segitunya banget punya anggapan.

Dilihat dari kepanjangannya, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. Sedangkan tujuan utama dari SEO adalah menargetkan kata kunci pada satu artikel atau halaman web agar selalu bisa berada di tingkat paling atas saat dicari di mesin pencari semacam Google dan bisa menempati halaman 1 sehingga berpotensi dikunjungi banyak visitor.

Halaman 1 Google

SEO ini bisa dibilang gampang – gampang susah dan susah – susah gampang. Gampang bila sudah tahu ilmunya dan susah bila tanpa ilmu sama sekali. Meski menurut para pakar SEO ada ukuran standar dalam menggunakan SEO untuk sebuah artikel atau halaman web, namun tidak setiap blogger menerapkannya seratus persen plek. Tidak sedikit blogger yang memilih menggunakan SEO model ‘sak karepku’ alias menurut kemauan sendiri karena menurutnya, SEO model itulah yang jitu memenangkan persaingan. Dan itu sah sah saja karena tak ada Undang – Undang negara yang mengatur perSEOan.

Menurut kami sendiri, para admin samishare.com. Penggunaan SEO untuk sebuah artikel tetaplah penting, tapi juga tidak terlalu penting. Artikel SEO bisa saja hanya manipulasi dan/atau tipu – tipu. Hanya karena mementingkan nangkring di halaman 1 mesin pencari Google, terkadang artikel yang dibuat oleh para blogger tidak lagi human friendly atau enak dibaca oleh manusia, tapi hanya search engine friendly tok. Walhasil, terkadang pembaca harus mengernyitkan dahi untuk memahami kalimat yang ditulis dikarenakan terlalu wagu atau sulit dipahami. Tak jarang pula pengunjung menjadi jengah atau malah senyum – senyum karena begitu banyaknya kata atau kalimat yang diulang – ulang, padahal sebenarnya tidak perlu.

Bagaimanapun juga, artikel human friendly tetap lebih penting dari pada hanya dikenali mesin pencari. Meski begitu, tak ada salahnya mempelajari dan mengetahui lebih dalam tentang SEO agar ke depan bisa memadukan antara optimasi mesin pencari dan mengutamakan human friendly sehingga bisa menghasilkan blog dan artikel berkualitas, disenangi manusia dan dicintai mesin pencari.

Wis, sekarang samishare.com mau berbagi sedikit cara bagaimana menerapkan SEO sederhana pada sebuah artikel.

1. Letakkan kata kunci yang ditarget pada judul artikel

Apapun kata kuncinya, usahakan kata kunci tersebut masuk pada judul. Contoh, samishare.com pernah membuat artikel tentang dengan judul 5 Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur dikarenakan kata kunci yang ditarget adalah ‘pusing setelah bangun tidur’. Sebenarnya bisa juga dengan menggunakan judul lain yang tetap menyertakan kata kunci seperti ‘Mengatasi Pusing Setelah Bangun Tidur’, ‘Mengapa Kepala Terasa Pusing Setelah Bangun Tidur’ atau yang lain.

2. Letakkan kata kunci secara merata

Jangan salah kaprah mengartikan kata ‘merata’. Bukan berarti semua artikel harus didominasi dengan kata kunci. Yang dimaksud di sini adalah meletakkan satu kata kunci yang ditarget pada tiap – tiap paragraf. Itupun bila memungkinkan. Bila tidak memungkinkan tidak usah dipaksakan untuk masuk agar kalimat yang sudah tertata apik dalam paragraf tidak menjadi kacau dan wagu yang dapat menghilangkan rasa human friendly. Biarkan saja tak ada kata kunci pada paragraf tersebut asalkan tetap enak dibaca manusia.

3. Hindari boom kata kunci

Hindari meletakkan banyak kata kunci dalam satu paragraf. Jangan sampai kata kunci diulang – ulang hingga 5, 6 kali bahkan lebih. Kata para suhu, meletakkan kata kunci berlebihan dalam satu paragraf justru bikin search engine tidak senang karena artikel akan dideteksi sebagai boom keywords. Efeknya, artikel akan dilempar jauh dari halaman satu. Yang begitu masih mendingan, kalau sampai deindex, kena sandbox atau masuk kotak, artikel babar blas tidak akan keindex di Google search engine. Sampai kapan pun di cari gak bakal ketemu.

Ibarat sebuah masakan, bila terlalu banyak bumbu rasanya menjadi aneh. Orang jadi ogah mencicipi apalagi sampai makan. Ujung – ujungnya diletakkan di belakang rumah jadi santapan ayam tetangga.

Karena itu, cukup tuliskan kata kunci satu atau dua saja tiap paragraf, dan bila terpaksa paling mentok tiga.

4. Perhatikan jumlah kata kunci ideal

Jumlah kata kunci ideal dalam sebuah artikel perlu untuk diperhatikan. Berapa jumlah kata kunci ideal tiap artikel, banyak pendapat berbeda mengenai hal ini. Jumlah pastinya memang tidak pernah diketahui, namun yang paling masyhur mengatakan, jumlah kata kunci ideal adalah 1 persen per 1000 kata. Artinya artikel yang memiliki jumlah kata 1000 idealnya menuliskan kata kunci sebanyak 10 kali. Bila jumlah kata hanya 500 kata, berarti kata kuncinya cukup tertulis sebanyak 5 kali.

Pada artikel samishare.com yang berjudul 5 Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur yang memiliki jumlah kata sebanyak 750 kata, penulis hanya menuliskan kata kunci sebanyak 5 kali. Dan itu ternyata cukup bisa menaikkan posisi artikel tersebut di Google search engine. Bisa dilihat pada gambar screenshot di bawah ini:

8 7 6 5 4 3 2 1

Screenshot tersebut hanyalah satu contoh artikel yang menggunakan tips SEO sederhana di atas. Meski demikian, admin samishare.com tetap berusaha dan mengutamakan agar artikel yang ditulis tetap enak dibaca oleh manusia dan bukan mesin.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

11 Comments
  1. 2 years ago
    BlogDaffal

    Gan saya mau nanya Kata Kunci yang di letakkan di setiap paragraf itu kata kunci judul artikel arau kata kunci yang berbeda beda??? Tolong di jawab gan

    Reply
    • 2 years ago
      Fatchur sag

      Kata kunci yang sama dengan judul

      Reply
  2. 2 years ago
    jasa seo

    Mas,,,,,saya ingin bertanya. Algoritma google itu sebenarnya membaca isi artikel kita atau title kita mas? Tolong di jawab.

    Reply
  3. 2 years ago
    Moersalin

    bermanfaat, tapi tetap saj yang klik adsense makin berkurang, banyak yg pakai adblock?

    Reply
  4. 2 years ago
    jualobatvmenplusasli

    tirms infonya mas, visit back yaa… http://pembesarpenisalami.id/

    Reply
  5. 1 year ago
    sinichinet

    perlu langsung diterapkan nih, mas. apalagi dah ada buktinya diatas

    Reply
  6. 1 year ago
    desi

    waduh keren banget nih teknik seo nya,… nanti praktekin nih di rumah http://www.sfidn.com/product

    Reply
  7. 1 year ago
    kegantengan

    mudah di mengerti sekali gan artikel nya… kalau memakai teknik boom kata kunci kayanya malah bikin bingung mesin pencari google.

    Reply
  8. 1 year ago
    sri wahyuni

    aku sering menambahkan sasaran keuyword di 1. Letakkan kata kunci yang ditarget pada judul artikel . ditambah dengan URL dan bold di atikel sasaran keywordnya… hasilnya mantap min

    Reply
  9. 8 months ago
    INTERNET MARKETING SEMARANG

    Wah keren, di coba dulu tipsnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *