counter Tujuh Makanan Pencegah Kanker – Sami Share

Kesehatan

Tujuh Makanan Pencegah Kanker

on

Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja tanpa memandang gender dan usia. Penyakit ini rata – rata disebabkan oleh faktor genetik, karsinogen, serta gaya hidup. Faktor terakhir, yaitu gaya hidup adalah yang paling memiliki andil besar sebagai penyebab penyakit kanker.

Banyak saran ahli kesehatan yang mengatakan bahwa membiasakan diri berpola hidup sehat dan makan makanan sehat bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Diantara banyak jenis makanan dan minuman, tujuh makanan berikut ini adalah jenis makanan yang bisa membantu menurunkan serta melawan pertumbuhan sel kanker.

Cegah Kanker!

1. Sayuran cruciferous

Sayuran yang masuk kategori ini terkenal memiliki kandungan glucosinolate. Yaitu senyawa kimia belerang yang menimbulkan aroma kuat dan rasa pahit. Kandungan itu pula yang bisa membantu mencegah timbulnya penyakit kanker. Masuk dalam kelompok sayuran cruciferous adalah bawang bombay, bawang putih serta kubis.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kol diyakini bisa membantu menurunkan risiko penyakit kanker sebab mengandung zat Lutein dan Zeaxanthin.

3. Tomat

Seorang ahli onkologi dan diet, Tara Whyand mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sayuran seperti tomat yang banyak mengandung lycopene dapat membantu menurunkan risiko kanker.

4. Buah dan sayuran

Sayuran dan buah banyak mengandung antioksidan dan vitamin seperti vitamin E dan C dan juga folat. Usahakan selalu mengkonsumsi sayuran dan buah paling tidak 400 gram per hari.

5. Ikan

Daging Ikan Salmon

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi ikan lemah tak jenuh ganda seperti ikan salmon dan ikan tuna memiliki risiko kecil terkena kanker.

6. Minyak zaitun

Menkonsumsi minyak zaitun secara rutin bisa menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan minyak zaitun banyak mengandung antioksidan dan phytonutrients yang memiliki manfaat mengurangi oksidasi dalam tubuh penyebab radikal bebas yang menjadi pemicu kanker.

7. Kedelai

Kedelai dan Olahan Kedelai

Beragam olahan makanan berbahan kedelai seperti miso, tempe, tahu, susu kedelai serta tofu banyak mengandung zat fitoestrogen. Dalam catatan Institut Kanker Nasional di Amerika Serikat ditemukan bahwa wanita yang menjalani diet kaya soya lebih sedikit risikonya terkena kanker dibandingkan dengan wanita yang menjalani diet rendah soya.

Itulah tujuh makanan pencegah kanker yang layak Anda konsumsi secara rutin. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan takaran dan porsinya. Jangan sampai berlebihan karena justru bisa mendatangkan dampak negatif lain.

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: 11 Bahaya Terlalu Lama Duduk Di Tempat Kerja. - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *