counter Tujuh Penyakit Paling Mematikan di Dunia – Sami Share

Info

Tujuh Penyakit Paling Mematikan di Dunia

on

Diantara sekian banyak jenis penyakit, ada beberapa penyakit yang masuk kategori penyakit paling mematikan di dunia.

Penyakit bisa menyerang siapa saja dan tidak sedikit yang berujung dengan kematian. Datangnya penyakit kadang tidak bisa diprediksi waktunya. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terserang suatu penyakit seperti makan tidak teratur, makanan dan minuman yang tidak sehat, kurang olahraga, kurang istirahat atau disebabkan sesuatu yang bersifat mendadak seperti kecelakaan, terkena bencana, dihajar orang dan yang lain.

Beberapa jenis penyakit ada yang masuk kategori sangat parah dan berbahaya bila sudah menyebabkan organ – organ vital tubuh manusia kehilangan fungsinya seperi jantung dan otak.

Setidaknya, ada tujuh penyakit paling mematikan di dunia. Saat penyakit itu menyerang bisa mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat dikarenakan rusaknya organ tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita mengenali berbagai penyakit tersebut agar bisa selalu waspada dan merasakan pentingnya kesehatan tubuh.

Berikut tujuh penyakit paling mematikan di dunia tersebut sebagaimana dikutip dari okezone.

1. Jantung Koroner

Peringkat satu penyakit paling mematikan di dunia adalah penyakit jantung koroner. Penyebabnya ada banyak dan beragam seperti kurang berolahraga, tensi darah naik tinggi, tingginya kadar kolesterol darah akibat berlebihan makan makanan berminyak dan berlemak jenuh.

Menurut Discovery channel, setidaknya ada satu orang terjangkit penyakit jantung koroner di setiap 100 orang di dunia.

2. Diabetes Melitus

Penyakit diabetes adalah ketidakmampuan seseorang mengendalikan kadar gula darahnya sehingga metabolisme tubuh terganggu. Orang yang menderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan. Bila sudah kronis kelebihan gula dalam darah ini bisa menjadi racun bagi tubuh.

Penyakit ini masuk kategori penyakit paling mematikan di dunia. Di tahun 2012, diabetes telah membunuh sekitar 1.5 juta orang di seluruh dunia.

3. Stroke (Serebrovaskular)

Stroke (serebrovaskular) masuk pada kategori penyakit paling mematikan di dunia berikutnya. Penyakit ini lebih banyak disebabkan tingginya kolesterol dan tingginya kadar lemak dalam tubuh. Selain itu, stroke juga sering dipicu oleh tekanan darah tinggi dan kurangnya gerak badan alias olahraga.

Stroke dimulai dari rusaknya fungsi otak karena aliran darah yang menuju otak tersumbat yang menyebabkan asupan darah dan oksigen berkurang. Menurunnya asupan oksigen dan darah ini menyebabkan sebagian sel otak mati dan kehilangan fungsi.

4. HIV/AIDS

Penderita HIV/AIDS akan kehilangan daya immun atau kekebalan tubuh. HIV/AIDS menyerang sel-sel dalam tubuh hingga sel-sel tersebut tidak berfungsi.

Bila virus HIV/AIDS sudah berhasil mematikan sel CD4, maka penyakit sekecil apapun akan dengan mudah menyerang tubuh. Sel CD4 adalah salah satu sel darah putih (limfosit) yang membantu sistem kekebalan tubuh. Dalam kondisi makin parah, hampir semua penderita HIV/AIDS berakhir dengan kematian sehingga penyakit ini masuk kategori penyakit paling mematikan di dunia.

5. Kanker

Kanker dinyatakan sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia sebab dominasinya yang tinggi sebagai salah satu penyebab kasus kematian, yaitu 25 persen. Penyakit kanker adalah tidak terkendalinya pertumbuhan siklus sel dalam tubuh yang sangat pesat sehingga mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh di sekitar tempat tumbuhnya sel.

6. Leukimia

Leukimia masuk dalam kategori penyakit kanker juga yaitu kanker darah. Penyakit ini termasuk paling mematikan di dunia. Penyakit leukimia disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel pembentukan darah di sumsum tulang belakang dan jaringan limfoid dan lazimnya terjadi pada sel darah putih. Akibat terlalu banyaknya sel darah putih, fungsi sel – sel darah yang lain jadi terganggu.

7. Tumor Otak

Penyakit ini cukup berbahaya karena yang diserang dan dirusak adalah sel – sel otak. Meski lebih banyak dialami orang dewasa, namun penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur.

Ada dua jenis tumor otak yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dikatakan tumor jinak karena tumor ini tidak bersifat kanker, sedangkan tumor ganas bisa menyebabkan penyakit kanker.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab tumor otak ini. Namun para ahli memperkirakan faktor keturunan dan efek radioterapi bisa menjadi pemicu seseorang terkena tumor otak.

Itulah tujuh penyakit paling mematikan di dunia yang harus diketahui. Karena dengan begitu manusia jadi tahu betapa rapuhnya dirinya, hanya dengan satu penyakit saja yang diberikan Tuhan, hilang segala kemampuan yang dimiliki. Jadi, tak ada lagi alasan bagi manusia untuk menyombongkan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *