Usia Dewasa Masih Mengompol, Ini Penyebabnya

Sering kali kita menemukan atau mengalami sendiri, keluar air kencing pada saat yang tidak diinginkan alias mengompol, bahkan ketika usia kita sudah remaja dan dewasa.

Walaupun hanya beberapa tetes saja, air kencing atau urine yang keluar tanpa dapat dikontrol sudah termasuk kategori mengompol. Dalam dunia medis, mengompol yang dialami orang dewasa biasa disebut dengan urinary incontinence atau inkontinensia urin. Biasanya kondisi ini sering terjadi pada wanita usia lanjut. Meskipun begitu, orang muda pun tidak menutup kemungkinan dapat mengalaminya.

Mengompol

Ada beberapa tipe gangguan urinary incontinence atau mengompol dibedakan berdasarkan berbagai penyebabnya.

1. Tipe Stres

Wanita muda lebih sering mengalami gangguan mengompol tipe ini. Hanya dengan sedikit kejutan saja seperti saat batuk, bersin, tertawa keras atau mengangkat benda keras, air kencing akan keluar dengan sendirinya.

Tipe stres ini terjadi akibat lemahnya otot dan jaringan yang berada di sekitar mulut kandung kemih. Penyebabnya bisa karena cedera saat olahraga, menjalani persalinan, terlalu gemuk, atau disebabkan pasca operasi.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan senam kegel untuk memperkuat otot sfingter, yaitu otot-otot melingkar yang membantu menjaga urin dari kebocoran dengan menutup erat-erat seperti sebuah gelang karet di sekitar kandung kemih.

Selain itu, jangan minum air terlalu banyak dan kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu keinginan buang air kecil terlalu sering.

2. Tipe Sulit Menahan Kencing

Mengompol tipe ini disebabkan karena adanya ketegangan otot kandung kemih yang disebabkan olah gangguan syaraf, otot, peradangan atau infeksi.

Anda akan merasa sering harus buang air kecil, akan tetapi Anda kesulitan menahannya hingga tiba di toilet alias mengompol. Terkadang juga, hanya dengan mendengar gemericik suara air saja langsung muncul keinginan untuk buang air kecil.

3. Tipe Lemah Kandung Kemih

Kondisi ini hampir sama dengan tipe kedua di atas. Anda akan akan sering bolak – balik buang air kecil di toilet. Yang membedakan adalah, Anda tetap bisa menahannya hingga beberapa saat sampai Anda tiba di toilet.

Yang jadi masalah bukan karena mengompolnya. Bila kegiatan buang air kecil itu berlangsung terlalu sering karena hasrat ingin pipis yang tak bisa di tahan, maka kenyamanan Anda akan sangat terganggu. Begitu pula dengan pekerjaan dan aktifitas Anda yang lain, semua akan terganggu. Tentu hal ini sangat tidak Anda inginkan.

Oleh karena itu, bila Anda mengalami gangguan buang air kecil yang tidak normal atau mengompol seperti contoh – contoh di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar masalah ini segera bisa diatasi. Meskipun tidak membahayakan jiwa, kebiasaan mengompol pada usia dewasa jelas bisa menghilangkan rasa percaya diri dan itu membuat kualitas hidup menjadi menurun.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *