counter Inilah Usia Terbaik Anak Mulai Minum Kopi – Sami Share

Info

Inilah Usia Terbaik Anak Mulai Minum Kopi

on

Bagi Anda penyuka kopi, minum kopi bisa memberikan kenikmatan tersendiri. Terlebih bila ditemani cemilan ringan di suasana dingin, minum kopi bisa menjadi solusi berikan kehangatan. Tapi bagaimana bila tiba-tiba muncul buah hati Anda yang masih kecil dan merengek ingin minum bersama Anda?

Kopi dengan segala kandungannya memang memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan seperti anti oksidan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Akan tetapi, kopi juga memiliki efek samping kurang baik bila dikonsumsi terlalu sering seperti kecanduan kafein, denyut jantung meningkat, susah tidur atau insomnia, kurang konsentrasi dan sakit kepala.

Wajar bila kemudian muncul anggapan bahwa kopi tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak hingga mereka dewasa. Dikhawatirkan kopi bisa memperlambat proses penyerapan kalsium pada tubuh sehingga perkembangan dan pertumbuhannya menjadi tidak maksimal.

anak minum kopi

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Di beberapa negara, banyak warganya yang mulai membiasakan minum kopi selagi mereka masih anak-anak seperti di Skandinavia. Dan faktanya mereka tetap tumbuh normal dan sehat seperti umumnya anak-anak yang lain. Postur tubuh mereka juga tetap tinggi di atas rata-rata.

Itu menandakan bahwa kopi tidak memiliki pengaruh terlalu besar terhadap perkembangan anak. Namun disarankan untuk tidak keseringan minum kopi sebelum usia menginjak 12 tahun, sebab ada nutrisi lain yang lebih dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang mereka dibandingkan dengan kopi.

Bila usia anak sudah menginjak 12 tahun, silahkan kalau minum kopi dengan takaran yang tidak berlebihan. Belum diketemukan bukti bahwa kopi bisa menghambat perkembangan mereka setelah usia 12 tahun. Meski demikian, alangkah baiknya bila tidak membiasakan anak-anak mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak dan terlalu sering agar anak terhindar dari bahaya kecanduan kopi (kafein).

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *