counter Venus, Kucing Lucu Dengan Dua Wajah – Sami Share

Dunia

Venus, Kucing Lucu Dengan Dua Wajah

on

Pernahkah terbersit dalam angan – angan Anda seekor kucing memiliki dua wajah ? Bila tidak, ini saatnya Anda berkenalan dengan Venus.

Kucing betina berumur lima tahun ini mempunyai wajah yang sangat unik. Setengah bagian wajahnya berwarna hitam dan setengahnya lagi berwarna orange. Dilihat sepintas, ia seperti tampak seperti dua ekor kucing yang digabungkan menjadi satu.

Yang lebih unik lagi, pembagian warna di wajah Venus tampak sangat rapi dan begitu sempurna. Sudah begitu, kedua bola mata hewan pemangsa tikus ini juga berbeda satu sama lain.

Pada bagian wajah warna hitam, bola matanya berwarna hijau muda, sedangkan pada bagian wajah warna orange bola matanya terlihat kebiruan. Sekilas, foto yang banyak tersebar seperti hasil editan aplikasi foto seperti Photoshop. Namun, semua benar – benar nyata.

Venus

Venus adalah kucing piaraan sebuah keluarga di Amerika Serikat (AS). Pemiliknya yang bernama Chris dan Christina mengungkapkan bahwa mereka berdua bertemu dengan kucing unik tersebut pertama kali pada tahun 2009 di sebuah peternakan sapi di Carolina Utara. Keduanya kemudian membawanya pulang dan merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Saat orang – orang di sekitar tempat tinggal Chris dan Christina tahu, mereka tampak terkejut melihat wajah unik kucing itu. Bahkan tak sedikit yang kemudian melontarkan tuduhan miring bahwa keduanya melakukan tindakan ‘kejam’ demi membuat wajah kucing tersebut menjadi berbeda warna seolah editan.

Meski tampak tak alami dan tak masuk akal, keberadaan kucing berwajah dua ini ternyata memiliki penjelasan secara ilmiah dan rasional. Seorang profesor dari Universitas California, Leslie Lyons yang pernah mempelajari tentang genetika kucing mengatakan adanya sel warna hitam yang timbul aktif pada sisi wajah kucing yang kanan dan sel warna orange pada bagian yang lain. Keduanya bertemu kala hewan itu masih dalam kandungan.

Kucing Berwajah Dua

Teori lain dari profesor ahli genetika Virginia Papaioannou, Universitas Columbia menjelaskan, fenomena kucing berwajah ganda itu sebagai salah satu versi kucing berbelang tiga.

“Ini adalah contoh sederhana dari X-inaktivasi mosaicism, dengan gen bercak putih. Karena itu, warna mata Venus juga bisa berbeda. Sementara warna badannya terlihat bercampur hitam dan oranye namun tak mencolok,” kata profesor Virginia.

1 Comment

  1. ahmad

    Dec 19, 2015 at 9:30 am

    Ternyata dua warna tersebut disebabkan oleh sel warna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *