Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Setiap Hari

Tidur merupakan kebutuhan paling penting dan sangat fundamental dari proses hidup manusia. Dengan tidur semua sistem tubuh yang sebelumnya mengalami penurunan akan kembali seperti semula.

Berapa waktu tidur yang dibutuhkan setiap hari?

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan berbeda – beda bagi tiap individu. Semua dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia. Ada yang menghabiskan waktu tidur selama 6 sampai 8 jam sehari. Ada yang cukup dengan 3 sampai 4 sehari. Ada juga yang tidur lebih dari 10 jam perhari. Namun, rata – rata orang menggunakan waktunya untuk tidur selama 6 sampi 8 jam sehari atau sepertiga dari waktu hidup tiap hari.

Hal semacam ini kebanyakan memang tidak kita pikir sama sekali sebagaimana orang juga jarang memikirkan berapa kali mereka minum atau buang air kecil dalam sehari semalam.

Ilustrasi ; Waktu tidur yang dibutuhkan

Tidak hanya manusia, binatang juga membutuhkan tidur, akan tetapi dalam artian yang berbeda.

Lumba – lumba misalnya, sebagai salah satu mamalia cerdas, ia bisa mengistirahatkan setengah kadar otaknya serta menggunakan setengah yang lain untuk beraktifitas seperti berenang atau sekedar jaga diri dan mengawasi keadaan sekitar.

Singa, binatang yang menempati posisi paling atas dalam rantai makanan ini bisa tidur total hingga 12 jam per hari tanpa takut terusik.

Gajah hanya membutuhkan waktu 4 jam per hari untuk tidur dan itu dilakukannya sambil berdiri tegak.
Kelelawar bisa menghabiskan waktu musim dingin untuk tidur menggantung terbalik selama 3 bulan.

Banyak orang menganggap bahwa tidur adalah bukan aktifitas alias kejadian pasif. Sekedar menutup mata, kesadaran hilang dan fungsi fisik berhenti. Padahal sebenarnya, tidur adalah sebuah aktifitas atau kejadian aktif. Tidur terjadi bisa terjadi karena melibatkan seluruh unsur penting dalam tubuh terutama adanya interaksi yang kompleks antara metabolisme dan aktifitas otak yang tinggi.

Itulah perbandingan waktu tidur yang dibutuhkan manusia dengan beberapa binatang.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *