Waspada, Hobi Minum Minuman Manis Bikin Menstruasi Datang Lebih Cepat

Bila sudah waktunya setiap anak akan mengalami masa peralihan dari anak – anak menjadi remaja atau masa puber. Kapan waktu tepatnya antara satu anak dengan anak yang lain berbeda – beda. Ada yang datang lebih cepat ada juga yang datang lebih lambat.

Bagi anak gadis, masa puber biasanya ditandai dengan datangnya menstruasi pertama kali yang seringkali membuat syok karena sebelumnya tidak pernah mengalami, serta adanya perubahan fisik yang terlihat dengan mata secara jelas seperti dada yang terlihat mulai menonjol.

menstruasi pertama

Pada umumnya menstruasi pertama seorang gadis adalah antara usia 10 hingga 14 tahun. Dan selambat – lambatnya adalah 16 tahun. Lalu bagaimana seandainya menstruasi pertama datang lebih cepat dari waktu biasanya, apakah ini baik untuk kesehatan ?

Sebenarnya, jika waktu menstruasi datang lebih cepat dari waktu biasanya itu adalah hal kurang baik. Hal ini disebabkan karena menstruasi pertama seorang gadis memiliki pengaruh lebih besar terhadap kemungkinan terkena kanker payudara di masa mendatang.

Pada seorang gadis menstruasi pertama bisa saja datang lebih cepat dikarenakan beberapa sebab. Salah satunya adalah hobi minum minuman manis. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seorang gadis yang memiliki hobi minum minuman manis akan mengalami menstruasi lebih cepat dari gadis lain yang tidak memiliki kebiasaan minum minuman manis. Selisih waktunya bisa sampai 2,7 bulan.

hobi minuman manis

Hal lain yang menyebabkan menstruasi datang lebih cepat adalah karena faktor berat badan, faktor olah raga serta nutrisi harian yang masuk pada tubuh. Ada kemungkinan juga karena faktor eksternal. Adanya keluhan tentang kesehatan yang timbul di kemudian hari.

Solusi terbaik mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak diinginkan adalah dengan selalu menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga yang cukup, istirahat yang cukup serta selalu mengutamakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki gizi seimbang dan menyehatkan. Jangan lupa pula untuk menjaga pikiran selalu dalam keadaan ceria dan jauh dari stress.

Bagi para orang tua khususnya ibu untuk selalu memantau segala perubahan fisik dan perilaku anak gadisnya terlebih pada saat datangnya masa puber dari anak – anak menjadi gadis remaja. Jangan sampai anak menjadi stres karena datangnya menstruasi pertama atau karena menstruasi datang lebih cepat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *