Waspadalah, Bila 5 Tanda Ini Muncul Pada Kaki Anda

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda hanya dengan melihat tanda – tanda yang muncul pada kaki Anda.

Dalam dunia medis, kaki adalah bagian dari tubuh manusia yang sangat menakjubkan. Melalui kaki, para dokter serta para ahli kesehatan dapat melakukan diagnosa dan menilai suatu potensi penyakit pada tubuh.

Bagi Anda yang bukan dokter, Anda juga melihat kondisi kesehatan diri Anda sendiri melalui media kaki. Dan itu sangat mudah dilakukan apabila Anda mengetahui beberapa tanda peringatan yang muncul pada kaki Anda sendiri.

Berikut adalah beberapa tanda – tanda pada kaki yang patut Anda waspadai karena hal tersebut berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda. Bila Anda kemudian curiga dengan kesehatan tubuh Anda setelah melihat tanda – tanda tersebut muncul, segeralah konfirmasi ke dokter agar segera bisa dipastikan kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya.

1. Kulit Kering Terkelupas

Kulit Kaki Mengelupas

Bila kulit sekitar tumit terasa kering, terkelupas atau pecah – pecah, pertanda bahwa ada yang kurang beres dengan kelenjar tiroid Anda. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon tiroid yang berfungsi mengontrol metabolisme tubuh, tekanan darah, fungsi syaraf serta pertumbuhan jaringan.

Kulit kering kadang bisa juga disebabkan karena faktor cuaca. Akan tetapi, bila kulit kering muncul disertai dengan perubahan berat badan tanpa ada sebab yang jelas, penglihatan menjadi kabur, dan tangan terasa seolah tak punya rasa alias mati rasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ahli.

2. Ibu jari botak

Normalnya, ibu jari kaki manusia tumbuh sedikit rambut yang terletak di bagian belakang kuku setelah sendi pertama. Dan umumnya rambut ibu jari wanita lebih tipis dari pada rambut ibu jari kaki pria yang lebih tebal.

Bila terjadi kerontokan rambut ibu jari Anda atau bahkan menjadi botak dan gundul sama sekali, ini menandakan aliran darah pada kaki tidak lancar. Penyebabnya bisa karena penyakit arteri perifer atau dikenal dengan istilah Peripheral Artery Disease (PAD).

Penyakit ini cukup berbahaya karena bila dibiarkan berlarut – larut dan tak segera diatasi bisa menyebabkan terjadinya stroke dan seragan jantung. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kaki harus dipotong atau diamputasi. Oleh karena itu, jangan remehkan gejala ini. Bila terjadi pada Anda, segera konsultasikan ke dokter.

Pencegahan penyakit arteri perifer dapat dilakukan sejak dini dengan membiasakan pola hidup yang sehat seperti makan makanan bergizi seimbang, olahraga yang cukup, istirahat yang cukup, berhenti merokok serta selalu memperhatikan kondisi kesehatan yang lain seperti adanya hipertensi dan diabetes. Diketahui bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat memicu munculnya penyakit arteri perifer.

3. Kaki mati rasa

Hampir sama dengan kebotakan ibu jari, mati rasa pada kaki juga dapat disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah dan menjadi salah satu tanda – tanda penyakit arteri perifer. Mungkin Anda pernah mengalami mati rasa saat duduk terlalu lama dalam satu posisi. Nah, seperti itulah rasanya. Namun, bila mati rasa pada kaki ini terjadi secara rutin atau secara tiba – tiba saat Anda sedang aktif bergerak, itu merupakan hal yang tidak boleh diabaikan.

Mati rasa pada kaki juga bisa merupakan gejala neuropati perifer bila dikaitkan dengan diabetes tipe-2. Diabetes membuat aliran darah ke area kaki terhambat sehingga menyebabkan beberapa ketidakberesan masalah seperti luka yang sulit sembuh atau sembuh dalam waktu lama sehingga rentan terhadap infeksi.

Bila kedua hal itu terjadi, yakni kaki terasa mati rasa secara rutin atau memiliki luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, mintalah pada dokter untuk mengecek kadar gula darah Anda guna mengetahui kemungkinan Anda mengindap penyakit diabetes tipe-2.

4. Flek hitam di bawah kuku kaki

flek hitam di bawah kuku

Saat jari kaki kejatuhan benda berat, umumnya di bawah kuku kaki akan muncul flek hitam . Itu adalah satu hal yang wajar.

Namun, bila garis hitam atau flek yang muncul di bawah kuku kaki Anda tanpa ada sebab yang Anda ketahui, Anda patut curiga dan waspada. Ada kemungkinan Anda mengindap kanker kulit melanoma.

Tanda – tanda seperti ini sering tak dihiraukan banyak orang sehingga ketika kemudian diketahui sebagai pertanda kanker, keadaan sudah terlambat. Kanker kulit sudah kadung menyerang dan itu sangat sulit diatasi. Semakin dini Anda memperhatikan segala perubahan yang mencurigakan dalam tubuh Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk sembuh bila memang benar kata dokter bahwa itu adalah tanda kanker kulit melanoma.

5. Nyeri kaki di pagi hari

Rasa nyeri pada kaki seperti linu atau terbakar ketika Anda bangun pagi juga perlu Anda waspadai. Hal itu menjadi pertanda kurang baik pada kondisi kesehatan Anda.

Pertama; ada kemungkinan itu adalah gejala rheumatoid arthritis (RA) atau rematik yang menyebabkan Anda akan merasakan senut – senut pada persendian. Gejala ini bisa Anda atas dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur serta minum obat rematik yang dianjurkan dokter.

Kedua; nyeri pada kaki di waktu pagi dapat juga dikarenakan kram otot. Anda tidur pada posisi dimana otot kaki tertekan dalam waktu yang lama. Solusinya, lakukan peregangan sesaat setelah Anda bangun tidur dan jangan tergesa – gesa beringsut dari tempat tidur Anda.

Kram pada otot selain disebabkan karena otot kaki yang tertekan dalam waktu lama, bisa juga dikarenakan kekurangan zat mineral kalsium, magnesium dan potasium. Usahakan kebutuhan mineral Anda tercukupi dengan baik, paling tidak dengan minum air putih saat bangun tidur serta membiasakan pola makan sehat dengan gizi seimbang.

Itulah 5 tanda yang perlu Anda waspadai bila muncul pada kaki Anda karena bisa jadi, itu adalah pemberitahuan bahwa ada sesuatu yang kurang beres dengan masalah kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *