4 Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan

Bulat, panjang, menyegarkan. Itulah gambaran sekilas yang paling kita tahu tentang mentimun. Secara fisik, buah mentimun memang kebanyakan berbentuk bulat dan panjang. Buah ini juga sangat menyegarkan bila dimakan karena sekitar 95 persen kandungannya adalah air. Saat cuaca terik buah ini bisa menjadi solusi menghilangkan dahaga dan dehidrasi.

buah-mentimun

Ternyata tidak hanya itu saja yang dapat kita peroleh. Karena masih banyak manfaat buah mentimun yang lain baik untuk kesehatan maupun buat kecantikan, seperti:

1. Mengatasi kekurangan cairan

Meski tidak minum air saat haus karena cuaca yang panas, makan mentimun bisa menjadi pengganti air minum. Makan buah mentimun mencegah tubuh dari bahaya dehidrasi karena sebagian besar kandungannya adalah air yang mengandung elektrolit penting.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kita bisa mendapatkan khasiat kesehatan kulit cukup dengan menggunakannya secara topikal atau mengoleskan pada kulit. Buah mentimun memiliki sifat dingin dan menenangkan. Potong tipis buah mentimun atau haluskan, lalu oleskan pada kulit untuk mengurangi iritasi, pembengkakan serta peradangan pada kulit. Bisa juga dioleskan pada wajah sebagai masker untuk mengembalikan kesegaran kulit yang terkena sengatan sinar matahari langsung.

3. Menjaga kesehatan tulang

vitamin-buah-mentimun

Menurut data diatas yang dikutip dari laman nutritiondata.self.com Nutrisi terbesar dari buah mentimun adalah vitamin K, vitamin yang berfungsi mengikat kalsium pada tulang sehingga tulang menjadi kuat, sehat dan tidak mudah rapuh atau osteoporosis. Dengan makan buah mentimun, tulang kita akan terjaga dari kemungkinan keropos dan mudah patah

4. Mencegah kanker

Buah mentimun termasuk salah satu tanaman Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Salah satu kandungan tanaman cucurbitaceae adalah nutrisi yang dikenal dengan nama cucurbitacins. Nutrisi ini memiliki kemampuan melemahkan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Keempat manfaat buah mentimun di atas hanyalah sebagian kecil dari manfaat yang bisa kita peroleh. Bila melihat kandungan nutrisinya secara lengkap tentu tidak hanya empat saja. Bisa puluhan bahkan ratusan manfaat yang bisa didapat.

Tentu saja, dalam mengkonsumsinya harus memperhatikan sisi kebersihan dan kesegarannya. Dan juga tidak boleh berlebihan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *