4 Tips Memilih Makanan untuk Kesehatan Jantung

Cara paling dini untuk melindungi kesehatan jantung adalah menjaga asupan dan pola makan. Makanan sehat untuk jantung harus dikonsumsi sejak dini agar dikemudian hari anda terhindar dari penyakit jantung.

Memilih makanan untuk kesehatan jantung

1. Hindari Lemak Jahat

Salah satu cara paling efektif adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jahat. Lemak jahat yang terus menumpuk dan mengendap ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit kolesterol. Dengan menghindari makanan berlemak, anda berarti juga berusaha untuk menjaga kadar kolesterol.

2. Kurangi Iodium

Asupan iodium atau anda kenal dengan garam yang terlalu berlebihan dapat memicu peningkatan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang rendah berarti peluang anda terkena hipertensi akan berkurang dan karena tekanan darah stabil, maka anda akan terhindar dari penyakit jantung.

3. Pilih Asupan Rendah Lemak

Berkaitan erat dengan tips nomer 1 tadi, memilih makanan berprotein dan susu dengan kadar kemak yang rendah adalah pilihan yang paling tepat. anda juga bisa semakin memaksimalkan hal ini dengan cara pemasakan yang benar. Cara memasak yang paling direkomendasikan sebenanrnya adalah direbus. Namun anda juga tetap bisa memakan makanan yang digoreng atau di panggang namun jangan berlebihan.

Selain itu ada tips lagi yakni dengan mengolah masakan menggunakan minyak nabati yang sudah terbukti menyehatkan tubuh dibanding menggunakan minyak goreng biasa atau margarin.

4. Konsumsi Makanan Mengandung Omega 3

Asam lemak omega 3 adalah lemak baik yang dapat mencegah penyumbatan pada arteri. Sehinggan makanan yang mengandung omega 3 merupakan makanan sehat untuk jantung. Memasukkan list menu ikan ke dalam menu harian anda merupakan rekomendasi yang cukup efektif. Akan lebih efektif lagi jika menu ikan dimasak dengan cara perebusan saja. Tidak mengalami pemanggangan atau penggorengan.

Beberapa ikan yang kandungan omega 3 nya sangat tinggi adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan lain-lain. Selain ikan, dari sektor nabati kita juga dapat menemukan kandungan omega 3 pada kedelai, kenari, dan biji rami. Anda bisa mengatur kombinasi menu sehat secara selang seling agar tidak cepat bosan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *