Lakukan 5 Cara Berikut Agar Pekerjaan Bisa Selesai Lebih Efektif Dan Efisien

Memiliki tingkat produktifitas tinggi dalam bekerja adalah impian banyak orang. Namun, tak setiap orang bisa mencapainya sebab banyaknya gangguan dan halangan yang tiba-tiba menghadang seperti rasa jenuh yang tiba-tiba menyergap perasaan.

Walhasil, banyak pekerja mengeluh karena pekerjaannya tidak bisa kelar, terlalu sulit diselesaikan karena terlalu banyak padahal waktu pulang sudah tiba.

Bagaimana cara agar pekerjaan bisa selesai lebih efektif

Mengantisipasi hal semacam itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan bisa selesai lebih efektif dan efisien dan Anda menjadi lebih produktif.

1. Batasi agenda lain

Tidak disadari terkadang kegiatan-kegiatan di luar pekerjaan banyak menyita waktu. Hal ini tentu berimbas pada agenda pekerjaan yang akhirnya terbengkalai. Yang seharusnya bisa selesai tepat waktu, menjadi molor akibat waktu yang terbuang untuk hal-hal yang tak berhubungan dengan pekerjaan.

Karena itu, bila ingin pekerjaan bisa selesai lebih efektif, batasi agenda kegiatan lain yang dirasa cukup menyita waktu utama kerja.

2. Evaluasi hasil kerja yang telah selesai

Hal ini berkaitan dengan hasil kerja yang dicapai. Seseorang terkadang lebih mengutamakan kuantitas hasil kerja dari pada kualitas. Akan lebih baik bila secara bertahap, pekerjaan yang telah selesai dievaluasi dan diukur apakah sudah memenuhi standar hasil kerja yang seharusnya atau belum. Bila belum, benahi langsung tanpa harus menunda, namun bila sudah silahkan dilanjut pada tugas yang lain.

Hal ini menjadi penting sebab mengevaluasi pekerjaan yang secara langsung dan terlalu banyak bisa memakan waktu lama. Kemungkinan berimbas juga pada molornya jam pulang kerja.

3. Biasakan hal produktif

Ada banyak hal produktif di luar jam kerja yang kalau dikerjakan secara rutin akan mempengaruhi efektifitas kerja utama. Seperti membiasakan bangun pagi sebelum subuh dan berolahraga. Dilanjutkan dengan mandi pagi dan persiapan pergi kerja.

Rutinitas semacam ini sangat berimbas pada peningkatan produktifitas kerja. Anda yang sudah terlatih disiplin di luar jam kerja akan mudah menjadi perkerja yang disiplin dalam menggunakan waktu..

4. Waspada terhadap gangguan yang datang

Ini penting, agar pekerjaan bisa selesai lebih efektif dan efisien Anda harus memperhitungkan juga halangan dan gangguang datang sewaktu-waktu. Misalnya godaan main game atau chat facebook yang sebenarnya tidak penting-penting amat. Meski terlihat sepele, hal-hal semacam ini bisa sangat menyita waktu tanpa disadari. Imbasnya pekerjaan menjadi terbengkalai dan tak bisa diselesaikan tepat waktu.

Sejak mulai masuk jam kerja godaan dan gangguan ini harus diantisipasi dengan komitmen yang tinggi. Matikan smartphone Anda saat kerja. Atau kalau ragu tidak tahan godaan, Anda bisa simpan di loker atau di tempat penitipan sementara Anda bekerja di dalam.

5. Berhenti dari pekerjaan bila jam kerja habis

Kebanyakan pekerja termasuk Anda akan merasa tertuntut untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih menumpuk. Alokasi waktu yang dimiliki akhirnya terkuras untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Well, mungkin hal itu nampak bagus padahal sebenarnya kurang pas. Kebiasaan semacam ini tidak menjadikan Anda sebagai orang yang produktif di waktu kerja.

Seharusnya yang Anda lakukan adalah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau maksimal sampai waktu pulang tiba, bagaimanapun caranya. Dan bila sudah jamnya berhenti, ya berhenti dan pulang.

Kembali lagi ke atas, Anda harus bisa mengukur diri saat menerima pekerjaan, apakah pekerjaan itu bisa Anda selesaikan sesuai jam kerja. Bila tidak, sebaiknya tolak secara halus. Selain Anda tidak terbebani pekerjaan yang belum tentu bisa diselesaikan, konsentrasi Anda pada pekerjaan utama Anda juga tidak terganggu.

Itulah 5 cara yang bisa Anda coba agar pekerjaan bisa selesai secara efektif dan efisien.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *