Mengapa 5 Hal ini Dilarang Dilakukan Setelah Berolahraga

Kalau ditanya soal manfaat berolah raga, saya yakin Anda pasti tahu jawabannya, yaitu untuk menjaga kesehatan.

Ya, Anda benar. Disamping tujuan-tujuan yang lain, tujuan utama berolah raga memang menjaga tubuh agar senantiasa sehat dan jauh dari berbagai penyakit. Orang yang tidak berolahraga sama sekali atau berolahraga namun dalam porsi yang sangat jarang lebih gampang jatuh sakit.

Meski demikian, bukan berarti orang yang rajin berolahraga selalu terhindar dari risiko sakit. Bisa saja mereka jatuh sakit justru karena kebiasaan kurang baik setelah selesai melakukan olahraga. Karena kesalahan – kesalahan kecil setelah berolahraga yang terulang berulang kali, membuat hasil dan tujuan olahraga tidak bisa didapat secara maksimal.

Saat olahraga selesai dilakukan, tubuh akan melakukan respon pemulihan. Keberhasilannya ditentukan berbagai faktor seperti asupan gizi makanan, kualitas istirahat, dan juga perilaku – perilaku yang lain. Berikut adalah 5 hal yang dilarang anda lakukan setelah berolahraga.

1. Tidak melakukan peregangan

Biasanya hal ini paling sering dilupakan. Dianggapnya biasa saja tanpa efek, setelah berolahraga langsung main pergi saja tanpa melakukan peregangan otot.

Entah lama atau sebentar olahraganya, peregangan otot harus dilakukan untuk mencegah risiko cidera. Saat berolahraga, otot-otot dalam tubuh mengalami kontraksi. Bila tidak diregangkan, bisa menyebabkan limitasi jangkauan gerakan yang berisiko cidera.

peregangan-otot-setelah-berolahraga

2. Tidak segera minum

Minum tidak hanya baik dilakukan setelah berolahraga, tapi juga setelah berolahraga. Biasanya, kita sering lupa atau mengabaikan minum saat kita sedang sibuk – sibuknya berolahraga, berlari atau mengangkat beban. Padahal tubuh sudah mengalami gejala dehidrasi dari sebab banyaknya keringat yang keluar.

Bila tidak langsung dipulihkan setelah berolahraga selesai, dehidrasi bisa berakibat buruk seperti pusing kepala, nafas berat, denyut jantung melemah, kram, bahkan bisa juga semaput atau pingsan.

Karenanya, jangan membiarkan diri anda tidak segera minum setelah berolahraga agar kondisi tubuh anda yang kelelahan segera pulih dan terhindar dari dampak buruk dehidrasi.

3. Tidak segera mandi dan berganti pakaian

Meski banyak yang merasa tidak nyaman bila tidak mandi setelah berolahraga, beberapa orang masih terbiasa untuk tidak mandi. Dan biasanya pula, orang yang tidak mandi juga tidak akan segera berganti pakaian.

Penting bagi Anda untuk mandi setelah berolahraga, terlebih bila dilakukan di lapangan atau tempat umum dengan udara berdebu. Selain untuk menghilangkan bau tubuh tidak sedap akibat keringat yang keluar bercampur udara, mandi juga membersihkan diri dari segala bakteri kotoran yang menjadi sumber penyakit.

4. Makan makanan berlemak

Diperlukan proses yang cepat untuk memulihkan kondisi tubuh usai berolahraga. Karena itu asupan yang dibutuhkan adalah makanan yang mudah dicerna dan cepat bekerja masuk kedalam aliran darah dan sel.

Lemak pada makanan membuat proses pencernaan makanan menjadi lambat. Hal ini kurang baik mengingat tubuh harus segera pulih dari kelelahan. Anda memerlukan bahan bakar pengganti secara cepat setelah berolahraga dengan karbohidrat dan protein tinggi, bukan dengan makanan berlemak.

Jadi, hindari makan makanan berlemak tinggi setelah berolahraga seperti fast food, ayam goreng, hamburger, salad mayonnaise, dan minuman bersoda.

5. Tidak cukup tidur

Setelah yang lain dipenuhi untuk memulihkan diri setelah berolahraga seperti cukup minum, cukup asupan protein dan karbohidrat dan meninggalkan lemak, berikutnya adalah istirahat yang cukup. Yang terbaik adalah dengan tidur nyenyak dan berkualitas, karena dengan begitu, tubuh akan segar saat bangun, otot dan tenaga juga pulih kembali.

Hindari begadang yang tidak perlu karena itu akan mengurangi waktu tidur Anda. Hindari juga mengkonsumsi banyak kopi yang membuat Anda sulit tidur.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *