Inilah 5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Tak dipungkiri, menerima kabar bahwa lamaran kerjanya diterima dan mendapat penggilan kerja adalah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi kalau Anda lulusan baru dan sudah menganggur lama. Lebih membahagiakan lagi bila ternyata panggilan kerja yang Anda terima datang dari perusahaan favorit. Pasti perasaan senang, grogi dan gugup bercampur aduk menjadi satu. Itu adalah hal yang wajar. Perasaan itu akan terbawa terus hingga hari pertama masuk kerja tiba.

Lantas, apa yang harus diperbuat saat hari pertama masuk kerja?

Agar tetap memiliki kesan baik dan profesional, berikut 5 hal yang harus Anda lakukan saat hari pertama masuk kerja.

1. Datang lebih awal

Bagi Anda yang baru perama masuk kerja, usahakan untuk tiba di tempat kerja lebih awal. Paling tidak 15 atau 20 menit sebelum jam kerja mulai. Hal ini bermanfaat untuk Anda mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan kerja, sekaligus menjadi nilai plus dan pertanda bahwa Anda sangat bersemangat untuk bekerja.

2. Berpakaian yang sopan dan layak

Anda bisa mendapatkan nilai tambah yang lain saat hari pertama masuk kerja, yaitu dari cara berpakaian. Kenakan pakaian yang rapi, sopan dan formal agar menampakkan kesan professional, pintar dan positif.

Bila perlu menambahkan aksesoris pada pakaian Anda, pilih yang serasi dengan pakaian dan tidak terlalu mencolok. Begitu pula dengan riasan yang Anda gunakan. Jangan berlebihan agar tak dinilai norak.

3. Memperkenalkan diri

Kenalkan diri Anda secara sopan agar mereka tahu siapa nama Anda sejak awal bersama kerja. Bila perlu memperkenalkan nama panggilan, kenalkan nama panggilan supaya rekan kerja baru Anda tidak kebingungan untuk memanggil. Apalagi bila nama Anda sangat panjang.

Dengan mengetahui nama Anda dan posisi yang Anda tempati di tempat kerja akan memudahkan rekan kerja dan atasan untuk berkomunikasi dan menanyakan sesuatu yang melibatkan posisi Anda.

4. Menjaga sikap baik dan ramah

Tidak cuma cara berpakaian dan berpenampilan yang mesti diperhatikan saat hari pertama masuk kerja. Sikap atau attitude juga harus dijaga.

Bersikaplah terbuka, ramah dan murah senyum pada rekan kerja baru Anda disana.

Jaga sikap yang baik dan keramahan ini sampai jam kerja selesai dan beranjak pulang. Hal ini bisa memberikan nilai positif buat Anda di hari pertama masuk kerja.

5. Jangan malu bertanya

Masuk tempat kerja baru berarti mengawali lembaran baru. Akan ada hal-hal yang belum Anda ketahui sama sekali saat hari pertama masuk kerja. Karena itu jangan malu untuk bertanya dengan rekan kerja bila ada sesuatu yang belum dipahami. Hal ini akan meminimalisir Anda dari kesalahan kerja.

Begitu pula dengan lingkungan sekitar tempat kerja. Dari pada kebingungan, lebih baik bertanya di mana letak kantin, dimana letak toilet, dimana musholla dan sebagainya.

 

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *