counter Inilah 5 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kecantikan

5 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Tinggal Pilih Dikonsumsi Atau Dibuat Krim

on

Tidak hanya harus terjaga kebersihannya, kecantikan dan kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh makanan sehat yang dikonsumsi.

Sebagai contoh, untuk melindungi kulit dari dampak sinar UV yang merusak direkomendasikan untuk mengkonsumsi kombinasi pasta tomat. Lalu untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya, makanan kaya omega-3 anti inflamasi seperti ikan sarden sangat penting dikonsumsi.

Beberapa jenis kulit terkadang tidak puas hanya dengan pelembab saja atau dengan nutrisi saja. Bagaimana agar kebutuhan kulit yang semacam ini bisa dipenuhi dengan satu jenis bahan makanan.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa jenis makanan yang memiliki khasiat super bisa mengatasi hal itu, seperti dikutip dari Prevention.com.

Berikut 5 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Bisa Dengan Cara Dikonsumsi Atau Dibuat Krim

1. Susu dan Madu

Campurkan kedua bahan tersebut untuk menjaga kesehatan kulit. Susu laktosan pada susu dan lemak berkhasiat mempercepat penyembuhan saat dioleskan pada kulit yang iritasi.

Sedangkan madu bisa berkhasiat menjaga kelembaban kulit. Kandungan antibakteri madu dan antijamur juga dapat melindungi kulit dari berbagai kuman sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya.

2. Minyak Kelapa

Hampir sama halnya dengan madu, minyak kelapa juga memiliki khasiat melembabkan kulit secara alami. Minyak kelapa banyak mengandung zat antivirus, antijamur, dan antibakteri. Raw Coconut Cream atau krim kelapa mentah bisa digunakan meski tanpa diproses. Bagus dan lembut untuk menjaga kulit sensistif.

3. Minyak Zaitun

Selain sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Minyak zaitun mencegah kulit dari penuaan dini disebabkan kandungan polifenolnya yang sangat tinggi. Zat Polifenol adalah senyawa tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan.

Tuang minyak zaitun secukupnya diatas telapak tangan. Oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata sambil lakukan pijatan ringan selama 2-3 menit.

Ambil kain lap yang bersih dan celupkan kedalam air hangat agak panas. Tempelkan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Dengan cara ini akan membantu mengangkat kotoran yang melekat pada pori-pori yang telah mengembang akibat olesan minyak zaitun.

4. Kedelai

Tidak hanya menjadi minuman menyehatkan. Anda bisa menggunakan susu kedelai sebagai masker untuk menjaga kesehatan wajah dan menjaga elastisitas kulit.

Rendam setengah gelas kedelai dengan air sedikit lebih banyak hingga semalaman. Esoknya haluskan rendaman kedelai tersebut menggunakan blender hingga menjadi pasta. Anda bisa menambahkan sedikit air lagi bila pasta terlalu kental. Beri tambahan 2-3 sendok makan susu sapi murni dan aduk hingga merata.

Gunakan krim kedelai tadi sebagai masker pada wajah. Bersihkan dulu wajah dengan air hingga bersih lalu keringkan pakai handuk. Oleskan krim kedelai pada wajah hingga merata disertai sedikit pijatan. Diamkan masker selama 10-15 menit. Setelah itu cuci menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Teh hijau

Gunakan teh hijau sebagai masker untuk melembabkan kulit yang kering dan kusam.

Caranya; campur satu sendok makan teh hijau dengan satu sendok makan madu murni hingga menyatu. Oleskan pada wajah secara merata sebagai masker dengan menggunakan ujung jari. Diamkan selama 5 – 10 menit sampai mengering, lalu cuci menggunakan air hangat hingga bersih.

Selain berkhasiat menjaga kesehatan kulit wajah, manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh juga tak kalah besar. Silahkan baca Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *