5 Makanan Untuk Wajah Berminyak Yang Sebaiknya Dihindari

Hai Lur, tahu kan kalau wajah berminyak bikin Anda tidak pede. Anda bisa dikatain kaya cermin. Makin tidak pede kalau lagi jalan lalu ketemu sama cewek atau cowok idaman, jadi salah tingkah. Masih mending kalau mereka diam saja dan tak membicarakan soal wajah Anda yang minyakan. Kalau tidak, pasti Anda jadi malu. Mau dibuang kemana wajah ini.

Karena itu, Anda perlu mencari cara mengatasinya. Tidak hanya dengan perawatan untuk mengatasi wajah berminyak. Pola makan yang sehat dan terjaga juga sangat dibutuhkan.

Anda harus pula melakukan diet khusus untuk kulit wajah berminyak, sebab beberapa jenis makanan ternyata bisa berakibat kurang baik bila dikonsumsi pemilik wajah berminyak. Makanan-makanan tersebut tidak membantu mengurangi produksi minyak di wajah yang berlebih dan malah menimbulkan masalah kulit wajah yang lain.

Lur, kalau Anda punya wajah berminyak, sebaiknya hindari 5 makanan dan minuman berikut ini!

1. Susu sapi

Semua tahu kalau susu sangat penting dan baik dikonsumsi. Susu bisa membuat badan menjadi sehat karena penuh gizi dan nutrisi.

Salah satu kandungan hebat susu adalah kalsium. Pada banyak orang kalsium sangat baik dan dibutuhkan. Kalsium bisa memperkuat tulang dan sangat baik buat anak dalam masa pertumbuhan. Kalsium juga baik untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Namun, kalau Anda memiliki wajah berminyak, sebaiknya hindari mengkonsumsi susu karena bisa memperburuk kulit wajah. Kasus yang paling sering terjadi, minum banyak susu bisa memicu tumbuhnya jerawat pada kulit berminyak.

Nah, untuk mengganti susu agar asupan kalsium tetap terpenuhi, Anda bisa memilih sayuran hijau kaya kalsium seperti brokoli dan bok choy kecil. Anda bisa juga mengkonsumsi susu nabati sebagai pengganti susu sapi seperti susu kedelai, susu biji rami atau susu almond.

2. Gula

Gula memiliki sifat inflamasi. Tidak hanya berisiko memicu tumbuhnya jerawat pada kulit berminyak, gula juga mempercepat proses penuaan pada kulit.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa gula akan menyerang kolagen sehat pada kulit. Kulit jadi nampak kusam, dehidrasi sehingga terlihat keriput selayaknya orang tua.

Jadi Lur, kalau saat ini Anda sangat tergila-gila pada manisnya gula, sebaiknya mulai dikurangi sedikit demi sedikit.

3. Daging berlemak

Kebanyakan daging memang mengandung lemak. Dan itu tak baik untuk kesehatan kulit berminyak. Daging-daging berlemak seperti daging sapi, daging babi, daging domba bisa membuat penampakan kulit berminyak makin buruk. Minyak semakin banyak diproduksi sehingga kulit wajah nampak mengkilat.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih beberapa jenis daging yang memiliki kadar lemak rendah. Anda bisa mengkonsumsi dada ayam yang kaya protein dan tak berlemak. Atau daging kalkun putih yang kaya kalium, selenium dan fosfor. Konon, daging kalkun putih lebih kaya nutrisi dari pada dada ayam.

4. Makanan ringan atau Snack

Makanan-makanan ringan atau snack seperti kentang goreng, keripik kentang, dan biskuit memang digemari banyak orang. Mungkin juga Anda menjadi salah satu penggemarnya.

Nah, kalau kebetulan Anda memiliki kulit wajah berminyak, sebaiknya Anda hindari makanan-makanan ringan ini, Lur. Kebanyakan makanan ringan diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak berlemak.

Anda sudah tahu kalau makanan berlemak bisa merangsang tumbuhnya jerawat dan membuat wajah makin berminyak.

Kalau tetap ingin ngemil, ganti dengan camilan sehat seperti aneka buah-buahan, dark chocolate serta beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond, hazelnut dan pistachio.

5. Makanan bertepung

Makanan bertepung seperti berbagai macam roti berbahan terigu dan aneka kue juga kurang baik buat kulit berminyak.

Biasanya, makanan bertepung akan cepat dicerna dan diserap dalam aliran darah. Insulin dalam tubuh akan meningkat cepat setelah mengkonsumsi makanan jenis ini. Naiknya insulin ini merangsang produksi minyak pada kulit. Wajah menjadi tampak mengkilat dan mudah sekali berjerawat.

 

Kalau memang tidak tahan untuk tidak mengkonsumsi, sebaiknya batasi. Jangan sampai terlalu sering dan kebanyakan karena efeknya sangat nampak sekali.

Nah, Lur, itu tadi 5 makanan untuk wajah berminyak yang sebaiknya dihindari. Bila Anda merasa punya wajah berminyak, kalau bisa tinggalkan mulai sekarang juga. Kalau tidak bisa karena memang tidak ada yang lain untuk dimakan, atau tidak kuat menahan diri, silahkan makan. Yang penting jangan berlebihan dan selalu berdoa agar makanan yang Anda makan berkah dan menyehatkan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *