6 Kebiasaan Bekerja Yang Bisa Menghambat Kesuksesan

Semua orang, termasuk Anda pasti ingin sukses dalam karir dan pekerjaan. Banyak jalan dicoba untuk mencapai hal itu. Namun, ada banyak kebiasaan yang bisa menghambat kesuksesan seseorang. Mau tahu kebiasaan apa yang bisa membuat kesuksesan terhambat.

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Bisa Menghambat Kesuksesan

1. Lebih suka kerja sendiri

Memiliki skill lebih baik dibanding orang lain dan bisa bekerja sendirian tanpa rekan adalah suatu kelebihan. Tapi, akan lebih baik bila Anda bisa kerja secara tim. Bekerja secara tim memiliki banyak kelebihan dibanding kerja sendiri.

  • Anda akan mendapatkan ide baru. Meski dikaruniai kecerdasan dalam menemukan ide, Anda tetap memiliki kekurangan. Ada banyak ide yang hanya bisa Anda temukan saat bersama orang lain.
  • Ada yang membantu. Okelah Anda bisa bekerja sendirian. Tapi, tak semua pekerjaan bisa Anda selesaikan sendiri tanpa bantuan orang lain. Bekerja secara tim membuat pekerjaan menjadi ringan dan lebih cepat selesai. Anda bisa mendapat bantuan atas apa yang Anda tidak mampu. Rekan Anda juga bisa lebih ringan karena Anda ikut membantu.
  • Mendapat ilmu baru. Banyak bidang ilmu yang harus dikuasai dalam satu pekerjaan. Dan itu tak mungkin Anda kuasai semuanya seratus persen. Dengan bekerja secara tim, Anda akan mendapat banyak ilmu baru dari rekan kerja Anda.

banyak-hal-yang-menghambat-kesuksesan

2. Tidak membatasi pekerjaan

Mungkin karena Anda memiliki banyak kelebihan, atasan Anda akan memberi Anda banyak tugas. Atau banyak perusahaan lain yang tertarik dan memberikan banyak proyek pada Anda. Meski ini suatu keberuntungan, kalau Anda tidak bisa membatasi diri dan sulit untuk menolak, risikonya cukup besar. Anda akan kewalahan mengerjakan semuanya tepat waktu. Dampak buruknya, mereka-mereka akan kehilangan kepercayaan pada Anda.

Akan lebih baik Anda dengan tegas menolak dan berkata tidak manakala Anda tidak yakin bisa menyelesaikan. Selain tidak memberi harapan palsu pada orang lain, Anda pun tetap terjaga kepercayaannya.

3. Sibuk dengan hal yang tak penting

Disiplin dan fokus dalam pekerjaan merupakan salah satu kunci utama kesuksesan. Namun, godaan terkadang saja datang silih berganti. Bila Anda tak bisa mengendalikan diri menahannya, bukan tak mungkin hal itu akan menghambat kesuksesan Anda.

Kebiasaan-kebiasaan tak penting semacam chatting, main game, atau main musik lewat gadget adalah contohnya. Selain buang-buang waktu, pikiran Anda menjadi tidak fokus dengan pekerjaan utama Anda.

4. Suka berpikiran dan bertingkah negatif

Orang akan bekerja dengan sungguh-sungguh karena dilandasi rasa cinta, karena cinta melahirkan motivasi dan pikiran positif.

Kalau Anda selalu berpikiran negatif, berperilaku negatif, atasan dan rekan kerja Anda juga akan melihat bahwa Anda orang yang selalu negatif. Hal ini sungguh berefek pada keberlangsungan karir Anda. Anda akan ditinggal manakala ada promo jabatan. Anda tak akan dipilih manakala terjadi pergantian jajaran direksi. Kalau Anda seorang karyawan, atasan Anda enggan memberikan tambahan tugas karena Anda tidak dipercaya lagi.

Kerjakanlah apa yang telah menjadi tugas Anda tanpa harus diiringi pikiran negatif dan rasa iri terhadap orang lain. Karena hal itu bisa menjadi jalan lebar orang lain lebih mempercayai Anda.

5. Kurang kreatif

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, orang tentu memiliki banyak metode untuk dipilih. Saat menemukan cara paling efektif, tentu akan dilakukan terus menerus dalam waktu lama.

Faktanya, terkadang melakukan cara yang sama dan berulang dalam waktu yang lama sering memunculkan rasa bosan. Kebosanan inilah yang menjadi salah satu hal yang bisa menghambat kesuksesan, karena Anda menjadi tidak serius dan kurang fokus.

Mengatasi hal itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencoba berkreasi dengan metode lain dalam menyelesaikan pekerjaan. Bisa juga dengan bertukar tugas dengan rekan kerja satu kantor, atau mutasi ke cabang lain yang masih satu perusahaan.

6. Tidak belajar dari kesalahan

Membuat suatu kesalahan dalam bekerja adalah hal yang manusiawi dan sangat wajar. Hanya bagaimana caranya Anda mengambil sebuah hikmah dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Kalau Anda bisa memanfaatkan sebuah kesalahan untuk menjadi bahan pembelajaran, itu sangat bagus. Anda akan semakin berkembang dan lebih berhati-hati.

Karena itu, jangan takut untuk mencoba dan berinovasi manakala Anda yakin itu bisa membantu karir Anda. Karena menjadi sukses bukan berarti tidak boleh melakukan kesalahan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *