Jengkol, Berbau Menyengat Namun Kaya Manfaat

Jengkol adalah salah satu jenis sayuran dan makanan yang cukup disukai banyak orang dikarenakan teksturnya yang lembut setelah dimasak dan rasanya yang khas. Namun siapa sangka, jengkol yang selama ini banyak dikeluhkan karena menimbulkan bau mulut dan bau tak sedap saat buang air kecil ternyata memiliki manfaat luar biasa yang jarang diketahui. Kebanyakan orang hanya mengeluhkan bau mulut setelah mengkonsumsi jengkol, padahal sebenarnya ada cara menghilangkan bau jengkol dengan mudah yang bisa dilakukan.

Jengkol

Jengkol dapat diolah menjadi berbagai macam masakan mulai dari tumis, semur, rendang, hingga yang hanya direbus kemudian dimakan dengan parutan kelapa muda dan sedikit garam. Apapun jenis masakannya, sayur jengkol memiliki tetap memiliki manfaat bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat sayur jengkol yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Dapat mencegah penyakit anemia

Salah satu manfaat sayur jengkol adalah dapat mencegah penyakit seperti anemia. Hal ini karena jengkol mengandung banyak zat besi yang berkhasiat mengatasi kurangnya produksi sel darah merah penyebab anemia. Anemia adalah jenis penyakit kekurangan darah. Jika penyakit ini dialami oleh seseorang, biasanya penglihatannya menjadi kabur saat pertama kali berdiri. Nah, jika Anda mengalami hal ini maka bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayur jengkol.

2. Membentuk Jaringan Pada Tubuh

Kandungan protein yang cukup tinggi pada jengkol bisa membantu membentuk sistem jaringan dalam tubuh. Selain itu juga, protein yang ada dalam jengkol ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kacang hijau ataupun kedelai. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi sayur jengkol ini seminggu satu atau dua kali guna memenuhi kebutuhan protein tubuh.

3. Mengatasi Masalah Radikal Bebas

Manfaat lain sayur jengkol adalah dapat mengatasi masalah radikal bebas. Jengkol memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, B2, B1 dan juga vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, serta dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan.

Sedangkan untuk vitamin C, sangat berperan sebagai anti oksidan, sehingga secara tidak langsung bisa menangkal zat berbahaya atau radikal bebas yang nantinya bisa menyebabkan kanker.

4. Dapat Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral kalsium dan juga fosfor dalam sayur jengkol ini membantu mencegah osteoporosis, yakni tulang keropos yang biasanya banyak dialami oleh orang tua yang usianya 40 tahun keatas. Konsumsilah sayur jengkol ini paling tidak satu bulan tiga kali atau sesuai minat.

5. Melangsingkan Perut

Sayur jengkol memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Bagi anda yang mempunyai keluhan perut buncit, mengkonsumsi jengkol bisa membantu mengecilkan perut. Serat inilah yang akhirnya bisa membakar lemak yang ada pada tubuh, sehingga bisa melangsingkan perut dengan alami.

6. Mengatasi Masalah Sambelit

Untuk ibu yang sedang hamil, biasanya sering mengalami masalah sambelit. Mengkonsumsi jengkol dapat membantu mengatasi sembelit dikarenakan jengkol memiliki kandungan serat yang membantu melancarkan proses pencernaan serta memudahkan buang air besar.

Itulah 6 manfaat sayur jengkol yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *