Waspada, Inilah 6 Tanda Tubuh Terserang Dehidrasi

Salah satu ciptaan yang tak bisa terpisah dari kehidupan kita adalah air. Bukan hanya untuk keperluan tanaman agar tidak layu, yang paling penting adalah air dibutuhkan oleh tubuh kita agar bisa hidup dan tubuh berfungsi dengan baik. Kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi yang cukup berbahaya.

Maklum, tubuh kita sendiri terdiri dari banyak cairan. Beberapa diantaranya harus dibuang dan diganti dengan cairan baru lewat jalan minum air atau makan makanan yang mengandung banyak air.

kekurangan-cairan-bisa-sebabkan-dehidrasi

Kalau cairan yang terbuang dari tubuh kita tidak diganti dengan cairang yang baru, kita bisa mengalami gangguan dehidrasi atau kekurangan cairan. Efek buruknya bila dehidrasi tidak segera diatasi dan dibiarkan begitu saja, fungsi organ tubuh akan terganggu dan bisa menjadi sebab terkena penyakit-penyakit yang berbahaya seperti kejang, stroke hingga meninggal dunia.

Mengantisipasi datangnya dampak buruk dehidrasi, kita harus selalu memenuhi kebutuhan air untuk tubuh kita. Namun, dalam beberapa situasi hal semacam ini sering kali dilupakan. Kita sering mengabaikan diri dan tidak minum dengan porsi yang cukup (8 gelas dalam sehari) hanya karena tidak merasa kehausan. Meskipun posisi kita saat itu baru selesai berolahraga yang mengeluarkan banyak keringat.

Oleh karena itu, kita perlu untuk mengetahui apa tanda-tanda tubuh terserang dehidrasi agar kita bisa melakukan pencegahan lebih dini.

1. Bau mulut tak sedap

Kita kadang heran mengapa mulut kita masih saja bau tak sedap, padahal sudah berulang kali gosok gigi bahkan berkumur menggunakan anti septik.

Ada kemungkinan hal itu disebabkan karena kita kekurangan cairan tubuh. Seperti dimaklumi, mulut kita selalu mengeluarkan air liur yang memiliki sifat anti bakteri. Produk air liur akan tetap terjaga dan melimpah bila cairan tubuh kita tercukupi. Saat mengalami kekurangan cairan, air liur akan turun hingga jauh ke dalam dan mulut terasa kering. Dalam keadaan seperti itu, kemampuan mulut melawan bakteri jadi menurun. Efeknya mulut menjadi berbau tidak sedap.

Oleh karena itu, perbanyak lagi minum terutama air putih agar bau mulut hilang dan tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Advertisements
1 2
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *