Waspada, Inilah 6 Tanda Tubuh Terserang Dehidrasi

2. Daya ingat menurun

Tanda-tanda tubuh terserang dehidrasi yang kedua adalah menurunnya daya ingat, mudah lupa dan kebingungan.

Saat dehidrasi menyerang, kemampuan otak mengalami penurunan. Kita bisa merasakan sendiri hal itu, saat cuaca panas sekali dan minuman tidak segera ditemukan, kita tidak bisa berkonsentrasi secara penuh terhadap apapun, gampang lupa dengan sesuatu yang telah dilakukan. Segeralah minum lebih banyak karena selain menurunkan daya ingat dan membut kita mudah bingung, kekurangan cairan tubuh juga bikin kepala jadi pusing.

3. Merasa ingin banget makan makanan tertentu

Dalam tubuh ada organ hati yang membutuhkan air dalam kadar yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Saat tubuh kekurangan cairan, organ hati juga mengalami kekurangan cairan. Secara otomatis muncul sinyal dalam otak bahwa hati membutuhkan asupan atau bahan bakar. Karena hal ini, terkadang kita merasa lapar ingin sekali makan jenis makanan tertentu layaknya orang ngidam. Padahal yang kita butuhkan utamanya adalah minuman bukan makanan.

4. Kulit bermasalah, kehilangan elastisitas

Elastisitas kulit adalah kemampuan kulit untuk meregangkan dan kemudian kembali ke posisi normal setelah tidak diregangkan lagi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, elastisitas tersebut mengalami penurunan. Untuk mengujinya cukup mudah, coba kita tarik kulit punggung tangan kita. Lalu lepaskan secara tiba-tiba. Bila dengan cepat dan seketika kulit kembali ke posisi normal, itu artinya kita tidak mengalami dehidrasi. Tapi bila proses kembalinya kulit ke posisi normal lambat, itu menandakan kita sedang dalam kondisi kekurangan cairan. Segera minum air agar kulit senantiasa sehat dan kesegarannya selalu terjaga.

6. Tidak bisa berkeringat

Keringat adalah cairan yang keluar dari tubuh melalui pori-pori kulit karena adanya proses pembakaran yang disebabkan berbagai hal seperti olahraga, cuaca panas, suhu tubuh meningkat tajam atau yang lain. Namun, hal itu bisa terjadi manakala cairan tubuh kita dalam kondisi cukup. Dalam kondisi dehidrasi, tubuh kita akan sulit berkeringat karena produksi keringat mengalami penurunan. Hal ini tidak baik buat kesehatan karena secara normal, tubuh harusnya berkeringat saat cuaca panas atau melakukan banyak pergerakan seperti olahraga.

Itulah 6 tanda tubuh terserang dehidrasi atau sedang dalam keadaan kekurangan cairan. Untuk mengantisipasi terjadinya dampak buruk dehidrasi yang lebih membahayakan, segeralah minum air secukupnya atau makan makanan yang mengandung banyak cairan seperti buah-buahan yang mengandung banyak kadar air semacam semangka, tomat, mentimun dan yang lain.

Advertisements
1 2
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *