7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Bagi orang sehat, donor darah bukanlah hal yang istimewa. Namun bagi orang yang sedang sakit dan membutuhkan tambahan darah, adanya sumbangan darah adalah sesuatu yang sangat berharga. Donor darah bisa menyelamatkan hidupnya dari penderitaan. Bahkan juga bisa menyelamatkan dari kematian.

Menurut wikipedia, donor darah adalah mengambil darah dari seseorang secara sukarela atau dengan pengganti untuk disimpan di bank darah agar bisa digunakan untuk transfusi darah bagi orang yang membutuhkan.

Meski sumbangan darah sangat penting dan dibutuhkan, belum begitu banyak orang yang memiliki kepedulian untuk mendonorkan darahnya. Padahal selain bermanfaat membantu orang lain juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pendonor itu sendiri.

Manfaat donor darah

Manfaat paling utama mendonorkan darah adalah membantu mereka yang kekurangan darah yang disebabkan karena berbagai hal, seperti:

  • Kehilangan banyak darah akibat kecelakaan
  • Habis menjalani operasi besar
  • Beragam jenis penyakit thalasemia
  • Beberapa jenis demam berdarah
  • Transplantasi organ tubuh
  • Anemia

Selain karena hal-hal di atas, masih banyak kondisi-kondisi lain yang membutuhkan tambahan darah seperti kanker, hemofilia dan anemia sel sabit.

Sedangkan manfaat donor darah bagi kesehatan pendonor juga tak kalah besar, seperti:

  1. Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan
  2. Menyehatkan Jantung
  3. Menurunkan level iron
  4. Menurunkan risiko kanker
  5. Memperbaharui sel-sel darah.
  6. Membakar kalori.
  7. Mendapat Pemeriksaan Analisis Darah Gratis

Dengan mengetahui besarnya manfaat donor darah bagi kesehatan, anda tidak perlu takut untuk menyumbangkan darah ke bank darah. Siapa tahu golongan darah Anda termasuk langka dan sangat dibutuhkan oleh orang lain. Selain diri sendiri menjadi sehat, orang lain juga akan sangat terbantu.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *