Tujuh Penyebab Pusing Saat Berdiri Setelah Duduk

Jika Anda pernah mengalami rasa pusing tiba-tiba saat Anda berdiri setelah duduk, mata berkunang-kunang dan badan sempoyongan serasa ingin jatuh, Anda patut untuk waspada karena kondisi tersebut menandakan ada masalah dengan kesehatan Anda.

Rasa pusing tiba-tiba saat berdiri setelah duduk yang disertai mata berkunang-kunang dan rasa ingin jatuh bisa terjadi karena beberapa sebab baik itu penyakit maupun yang bukan penyakit. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tekanan darah rendah atau hipotensi

Berbeda dengan penyakit tekanan darah tinggi, penyakit tekanan darah rendah biasanya tidak begitu mendapat perhatian khusus dari penderitanya dan acap kali diabaikan hingga tiba saatnya tubuh merasa lemah dan lesu. Tekanan darah rendah terjadi karena pasokan oksigen penting ke otak terhambat karena berbagai hal seperti kurang tidur, kurang minum serta haid yang tidak normal. Bila dibiarkan tidak menutup kemungkinan darah akan mencapai titik terendah yaitu 90/60 mmHg. Efek yang Anda rasakan diantaranya adalah pusing saat berdiri, mata berkunang-kunang secara tiba-tiba, keringat dingin bercucuran, mudah lelah bahkan bisa mengakibatkan pingsan.

Menurut salah seorang spesialis penyakit jatung dan pembuluh darah, “Pusing setelah duduk lama terjadi karena ketika duduk dan tiba-tiba berdiri, banyak darah yang turun ke kaki. Sehingga pada saat ingin berdiri kepala jadi pusing,”

2. Kurang darah atau anemia

Penyebab pusing saat berdiri setelah duduk berikutnya adalah kurang darah atau anemia. Yaitu berkurangnya jumlah hemoglobin atau sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Penderita Anemia ditandai dengan berbagai macam keluhan seperti mudah lelah, sering merasa mual, dada terasa sesak, denyut jantung kurang teratur serta pusing kepala.

Untuk mengatasinya, sering-seringlah makan makanan sehat yang banyak mengandung zat besi, folat, vitamin seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta daging dan susu.

3. Penyakit gula atau diabetes

Cobalah periksa kadar gula Anda. Apakah masih dalam keadaan stabil atau mengalami peningkatan. Selain menyebabkan rasa pusing saat berdiri setelah duduk, diabetes yang tidak terkontrol sangat berisiko menimbulkan komplikasi berbagai penyakit.

4. Aliran darah tidak lancar

Salah satu gejala yang mudah Anda rasakan adalah kesemutan. Biasanya terjadi saat Anda duduk atau tidur dalam waktu agak lama tanpa berubah posisi. Hal ini disebabkan aliran darah dalam tubuh tidak mengalir dengan lancar. Bila tetap dipaksakan untuk berdiri saat kondisi belum kembali normal, Anda akan merasakan pusing kepala dan bahkan sangat mungkin bisa membuat Anda jatuh.

5. Kurang minum

Jangan sepelekan porsi minum Anda tiap hari. Tidak hanya menyebabkan dehidrasi, kurang minum bisa memicu timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan. Ada tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguna pencernaan, kulit menjadi kusam dan kering, mudah lelah, juga sering pusing tiba-tiba. Lebih baik selalu ikuti anjuran kesehatan untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas air sehari agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Haid tidak normal

Normalnya, siklus haid berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Yang paling sering dialami oleh para gadis adalah 28 hari. Jika siklus haid terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, kemungkinan besar darah yang keluar adalah bukan darah haid.

Keadaan ini memicu perasaan gelisah dan cemas. Selain itu juga dapat menimbulkan pusing kepala yang datang secara tiba-tiba.

7. Kurang olah raga

Salah satu manfaat olah raga adalah memperlancar sirkulasi darah ke otak. Semakin sering berolah raga yang diimbangi dengan asupan gizi dan istrirahat yang cukup akan semakin baik. Jarang berolah raga menyebabkan darah yang mengalir ke otak kurang lancar. Salah satu efeknya adalah mudah sakit kepala. Juga mudah mengalami pusing yang datang secara tiba-tiba saat berdiri bangkit dari duduk.

Bila Anda masih sering mengalami rasa pusing tiba-tiba saat berdiri setelah duduk, lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui gangguan kesehatan apa yang ada dalam diri Anda.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

5 Comments
  1. 1 year ago
    Guntur Sitorus

    thanks much artikelnya

    Reply
  2. 8 months ago
    yanuar

    makaci atas infony

    Reply
  3. 7 months ago
    iip

    Makasih buat artikelnya 😊

    Reply
  4. 1 week ago
    Desi rahmadiyanti

    Oh jadi itu penyebab nya ,wah harus sering sering minum air putih nih 😊

    Reply
  5. 7 days ago
    hafidz

    Bagus artikelnya.. sangat bermanfaat 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *