8 Manfaat Jeruk Nipis, Sembuhkan Perut Mulas Hingga Turunkan Risiko Kanker

Menambahkan perasan jeruk nipis pada air putih yang kita minum, mengapa tidak? Selain menambah cita rasa manfaat jeruk nipis bagi tubuh juga luar biasa.

Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman sumber antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyebab penyakit.

air-jeruk-nipis

Mau tahu apa saja manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, simak ulasan berikut:

1. Bikin kulit makin kinclong

Jeruk memiliki kandungan flavanoid atau antioksidan penguat kolagen dan vitamin C. Mengkonsumsi jeruk nipis membantu melembabkan kulit dan meremajakan kulit. Kulit makin kencang dan kinclong.

2. Bikin pencernaan makin baik

Tahu kan kalau jeruk nipis itu rasanya asam alias kecut. Nah, itu dia yang bikin jeruk nipis sangat oke. Sifat asam bantu air liur mencerna makanan menjadi lebih baik.

Terus, kandungan flavanoid-nya juga bermanfaat buat melancarkan sistem pembuangan zat-zat sisa metabolisme atau sekresi. Sangat baik untuk penyembuhan penyakit sembelit. Buang air besar jadi lancar, buang air kecil jadi lancar.

Bagi yang perutnya mulas, jeruk nipis bisa jadi solusi pengobatan. Campurkan dua sendok teh perasan jeruk nipis dengan segelas air putih hangat dan minum 30 menit sebelum makan. In syaa Allah mulasnya segera mereda.

3. Ampuh lawan infeksi

Musim hujan rentan penyakit, dari flu, diare hingga demam berdarah. Guna mengantisipasi hal tersebut, tubuh memerlukan imun yang kuat. Jeruk nipis, yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan bisa jadi salah satu alternatif terbaik untuk melawan infeksi dan memperkuat sistem imun sehingga tubuh tak gampang sakit meski musim hujan berlangsung lama.

4. Membantu mengurangi berat badan

Bagi yang sedang diet, selain berolahraga sehat ojo lali sama jeruk nipis. Kandungan asam nitrat air perasannya bisa meningkatkan metabolisme dan membakar banyak kalori. Bagus untuk mengontrol berat badan karena hanya menyimpan lemak dalam volume yang kecil.

5. Menurunkan kadar gula darah

Penderita diabetes memang harus berhati-hati dalam pola makan dan mewaspadai meningkatnya kadar gula dalam darah. Makanan yang terlalu manis dan berlemak tinggi harus dijauhi agar gula darah tidak naik secara drastis.

Khusus buah jeruk bisa dikecualikan. Indeks glikemik-nya sangat rendah dan bisa membantu tubuh menyerap gula dalam aliran darah.

6. Menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung

mineral-jeruk-nipis

Bila Anda lihat gambar diatas diambil dari nutritiondata.self.com, Anda jadi tahu kalau jeruk nipis juga memiliki banyak kandungan mineral dan yang paling besar adalah kandungan kalium (potassium) nya. Salah satu manfaat kalium bagi tubuh adalah menurunkan tekanan darah secara natural dan memperlancar sirkulasi darah sehingga menurunkan risiko stroke yang disebabkan penyakit jantung hingga titik yang sangat rendah.

7. Menurunkan risiko terkena kanker

Sebagaimana manfaat jeruk nipis yang lain, kandungan antioksidan jeruk nipis membantu menangkal tumbuhnya sel penyakit kanker, meningkatkan pertumbuhan sel – sel sehat dan memperkuat sistem imun. Dengan minum air jeruk nipis risiko terkena penyakit kanker bisa ditekan.

8. Mengurangi penyakit sendi karena peradangan

Ada banyak penyakit yang berkaitan dengan persendian seperti encok, rematik, arthritis dan yang lain. dan yang paling banyak keluhan penyakit persendian disebabkan faktor peradangan. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat mengurangi peradangan dan kadar asam urat.

Seperti sebelumnya, caranya cukup dengan menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam air putih hangat lalu diminum. Biar mendapat hasil murni dan terbaik, jangan tambahkan apapun seperti gula atau bahan lain. Cukup air hangat dicampur perasan jeruk nipis saja.

Itulah 8 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Cara yang cukup mudah untuk hidup sehat karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain itu juga sangat hemat biaya. Jeruk nipis bisa dengan mudah ditemui di pasar tradisional, khususnya pada penjual bumbu dapur karena jeruk nipis memang sering dijadikan bahan tambahan penyedap masakan. Harganya sangat murah dan terjangkau semua kalangan. Silahkan Anda coba sendiri dan rasakan hasilnya.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *