counter 9 Tips Mengatasi Sembelit Tanpa Harus Ke Dokter – Sami Share

Info

9 Tips Mengatasi Sembelit Tanpa Harus Ke Dokter

on

Sembelit memang membuat menderita. Namun, ada cara-cara alami untuk mengatasi sembelit tanpa harus ke dokter, bila Anda mau melakukannya.

Konstipasi atau sembelit adalah suatu penyakit gangguan pencernaan yang berkaitan dengan buang air besar.

Gangguan ini meliputi:

  1. Susah buang air besar secara teratur;
  2. Buang air besar tapi tidak bisa benar-benar tuntas;
  3. Sama sekali tidak bisa buang air besar;
  4. Buang air besar dalam seminggu kurang dari tiga kali.

Konstipasi termasuk salah satu penyakit yang paling banyak menimpa masyarakat tanpa memandang umur. Kurangnya bergerak karena tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan di depan komputer, berbagai konsumsi fast food serta tidak punya banyak waktu buat berolahraga adalah sebagian sebab terganggunya sistem pencernaan.

Tak mengherankan bila perut lantas terlihat buncit meski tidak makan besar, terasa kembung, serta buang air besar tidak lancar.

Kalau Anda mengalaminya seperti itu, sesegera mungkin untuk diatasi dan jangan dibiarkan berlarut-larut.

Berikut 9 tips mengatasi konstipasi atau sembelit tanpa harus ke dokter.

1. Makan yang teratur

Makan teratur bisa menjadi solusi membebaskan diri dari konstipasi atau sembelit. Saat makanan ditelan secara refleks sisa makanan yang masih berada di dalam perut akan terdorong makin ke bawah di dalam usus dan makin mendekati jalan keluarnya. Dalam kondisi ini bisa saja kemudian muncul rangsangan hebat untuk segera buang air besar.

Anda bisa membuktikan sendiri, terkadang Anda harus segera ke toilet untuk buang air besar sesaat setelah Anda selesai makan.

2. Makan makanan berserat secara bertahap

Bukan rahasia bila makanan berserat tinggi seperti apel, pepaya dan pisang bisa membantu melancarkan pencernaan. Makanan ini juga memudahkan buang air besar. Tapi harus diingat, terlalu banyak makan serat juga tidak baik. Perut bisa kembung, terasa penuh gas, sering kentut dan juga bisa diare.

Tetap makan makanan berserat tinggi, tapi jangan berlebihan agar tidak menimbulkan masalah pencernaan yang lain.

3. Konsumsi pencahar alami

Saat Anda mulai merasakan ada yang tidak beres dengan buang air besar Anda, susah keluar atau susah untuk tuntas, cobalah mencari pencahar atau makanan untuk memperlancar proses buang air besar.

Anda bisa coba dengan minum susu magnesia, atau jus anggur. Bila sulit diketemukan, semangkuk sup sayuran hangat juga bisa jadi alternatif.

4. Minum segelas kopi

Tidak hanya sebagai pengusir ngantuk, segelas kopi juga bisa jadi alternatif mengatasi sembelit atau konstipasi. Meski masih banyak perdebatan antara para ahli kesehatan, namun faktanya orang yang mengkonsumsi segelas kopi di malam hari buang air besarnya juga lebih lancar di pagi hari.

5. Minum air putih secukupnya

Terkadang buang air besar terasa susah karena kotoran mengeras kurang cairan. Dengan minum air putih secukupnya, paling tidak 6 – 8 gelas sehari akan membantu memperlunak kotoran yang membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

Jadi, sediakan selalu air putih dimanapun Anda berada meski hanya dengan botol kecil.

6. Usahakan buang air besar secara terjadwal

Mungkin agak aneh bila harus menjadwal waktu buang air besar. Nyatanya, kalau Anda bisa mengatur pola makan harian secara teratur, buang air besar juga menjadi teratur. Yang biasanya pagi, esoknya juga pagi hari lagi akan terasa hasrata BABnya. Yang biasa sore hari juga akan terulang sore hari pada hari berikutnya.

Dengan teraturnya waktu buang air besar, meski sedikit yang dikeluarkan, kemungkinan besar Anda terhindar dari gangguan konstipasi atau sembelit.

7. Biarkan keluar normal, jangan paksa dengan mengejan

Bagi yang tidak punya keluhan sembelit, dengan normal atau sedikit mengejan saja proses buang air besar sudah terasa lancar. Namun tidak begitu bagi penderita sembelit. Meski dipaksa dengan mengejan yang amat sangat, tetap saja BAB tidak lancar.

Agar tidak terkena masalah lain yang lebih buruk, biarkan saja kotoran Anda keluar dengan normal saat buang air besar. Memaksa dengan mengejan bisa menimbulkan dampak buruk lain seperti ambeyen.

Sudahi BAB Anda bila 15 menit duduk di toilet kotoran tidak mau keluar dan cobalah beberapa waktu ke depan.

8. Buang air besar dengan posisi jongkok

Posisi ini mudah dilakukan kalau Anda menggunakan WC jongkok. Dengan posisi jongkok kaki dalam posisi terlipat. Ini akan menguatkan sudut usus serta membantu kelancaran proses buang air besar.

Bila Anda menggunakan toilet duduk, coba naikkan kaki Anda dan letakkan sejajar dengan tempat Anda duduk. Kaki tetap dalam keadaan melipat.

9. Berolahragalah

Berolahraga bisa jadi alternatif dalam mengatasi sembelit. Dengan banyak gerak seperti lari, aerobic, dan berenang fungsi usus akan terpacu meningkat dan merangsang hasrat ingin buang air besar.

Bila sembilan cara di atas belum juga mampu mengatasi sembelit dan Anda masih menderita karena susah buang air besar atau bahkan tidak bisa sama sekali, berarti ada masalah besar dengan kesehatan Anda. Anda harus ke dokter agar segera diperiksa dan diketahui apa penyakit yang Anda derita untuk kemudian dicari penanganan yang terbaik.

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: Inilah 4 Minuman Sehat Yang Membantu Bakar Lemak Tubuh Secara Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *