Lakukan Hal Ini, Kamu Akan Dapatkan Pekerjaanmu Sebagai Yang Terbaik Di Dunia

Wis dadi tabiat manusia, selalu memiliki banyak pilihan di setiap hal, dari yang terbesar hingga yang kecil-kecil. Tak terkecuali dalam masalah pekerjaan, Anda terkadang kebingungan harus memilih.

Berbagai pertimbangan menjadi alasan mengapa Anda ragu memantapkan sebuah pilihan pekerjaan terbaik. Mulai dari soal besarnya pendapatan, ketenangan dan kenyamanan saat bekerja, restu orang-orang tercinta, hingga kebutuhan waktu saat bekerja.

Berlarut-larutnya kebingungan seringkali berakibat pada ketidakseriusan dalam menentukan pilihan. Anda menjalani pekerjaan karena alasan klasik, dari pada nganggur, nggak enak sama orang tua, nggak enak pada istri dan orang-orang tercinta. Tidak lagi peduli meski pekerjaan tidak menguntungkan dari sisi penghasilan.

Anda juga tidak peduli apakah pekerjaan Anda bikin dia nyaman di kemudian hari atau tidak. Tentu saja hal ini sangat merugikan. Waktu yang Anda alokasikan untuk menjalani pekerjaan berjalan dalam ketidakpastian.

Lalu bagaimana cara mendapatkan pekerjaan terbaik?

Sebenarnya semua pekerjaan adalah baik selama itu halal dan tidak merugikan. Namun, terkadang pekerjaan itu bukan yang terbaik. Secara umum, kriteria pekerjaan yang menjadi impian banyak orang adalah:

1. Berpenghasilan besar

Banyak orang berangan angan dan bermimpi memiliki pekerjaan dengan hasil besar. Menurut mereka dengan penghasilan yang besar, semua kebutuhan dan keinginan akan terpenuhi dengan mudah. Dengan begitu roda hidup yang dijalani juga menjadi serba mudah.

2. Sesuai bidang yang dikuasai

Sudah pasti seseorang lebih memilih bidang pekerjaan yang dikuasai, karena hal tersebut akan mudah dijalani. Tidak membutuhkan pemikiran yang rumit – rumit dan tidak perlu banyak belajar lagi karena memang sudah banyak yang dikuasai. Memilih bidang pekerjaan yang tidak dikuasai sama artinya mempersiapkan diri untuk rekoso alias menderita dan bersiap untuk menjadi rugi.

Bagi para juragan, bos dan pemimpin perusahaan, menyerahkan pekerjaan pada orang yang kurang membidangi sama artinya menjerumuskan diri ke dalam kerugian.

3. Menyenangkan

Kriteria ketiga pekerjaan yang paling diimpikan banyak orang adalah pekerjaan yang menyenangkan seperti pekerjaan yang selaras dengan hobi. Misalnya, penyuka burung memilih pekerjaan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan burung seperti sangkar dan pakan burung. Pecinta otomotif motor berprofesi sebagai montir dan membuka bengkel motor. Hobi fotografi bekerja sebagai kameramen.

Pekerjaan lain yang cukup menyenangkan semisal di tempat kerja ada sesuatu yang membuat senang dan betah berlama-lama disitu, seperti pacar pujaannya. Atau karena tempat kerjanya dekat dengan tempat tinggalnya sehingga dia merasa senang karena tak terpisah jauh dengan keluarga dan anak-anak yang dicintainya.

4. Membanggakan

Sebagian orang mengimpikan dan merasa bangga dengan jenis pekerjaan tertentu karena berbagai hal seperti gengsi terangkat, martabat naik, atau merasa puas setelah berusaha payah mencapai tingkat tertentu.

Alasan ini menjadi cukup menarik karena impiannya memperoleh kebanggaan membuatnya tidak lagi mempedulikan soal mudah sulitnya pekerjaan dan banyaknya pengorbanan yang harus diberikan. Dia rela berangkat pagi-pagi jauh sebelum jam kantor buka dan pulang larut malam demi mendapatkan nilai plus dari atasan yang tentu sangat membanggakan.

Ada juga yang rela mempertaruhkan diri dengan mengambil jalan pintas menyuap atasan demi naik jabatan, karena menurutnya jabatan itu cukup membanggakan. Dan lain-lain…

5. Halal

Pekerjaan halal menjadi sesuatu yang paling diimpikan banyak orang. Asal halal, pekerjaan apapun rela dijalani. Orang yang memilih kriteria ini tidak lagi mementingkan besar kecilnya penghasilan. Baginya, tidak ada artinya kalau memiliki penghasilan besar tapi didapat dengan cara yang melanggar hukum seperti korupsi, bandar narkoba, hasil perjudian, pengedar ganja atau sebagai pencuri hak cipta.

Soal kebanggaan juga bukan sesuatu yang penting. Dia bahkan rela menjadi tukang sampah yang jelas halal meski pekerjaan mulia itu selalu dihindari banyak orang. Atau berpanas-panas dan berhujan-hujan menyeberangkan mobil demi imbalan uang 1000-2000 perak yang jelas halal meski itu berat dijalani.

Dari berbagai pilihan pekerjaan tersebut di atas sebenarnya Anda bisa memilih satu atau mengumpulkan lebih dari satu kriteria dalam satu pekerjaan. Anda bisa memilih pekerjaan yang menguntungkan dengan hasil besar, pekerjaan yang membanggakan, yang sesuai kesenangan dan yang halal.

Tapi, apakah itu bisa menjadi pekerjaan yang terbaik buat Anda? Belum tentu … Lantas bagaimana Anda bisa mendapatkan pekerjaan terbaik?

Kriteria – kriteria di atas adalah kriteria pekerjaan impian banyak orang dan bukan kriteria pekerjaan terbaik. Untuk mendapatkan pekerjaan terbaik bagi yang masih tahap pencarian atau menjadikan pekerjaan terbaik bagi yang sudah memiliki pekerjaan, diperlukan kriteria lain. Ialah kriteria yang telah ditentukan oleh Tuhan seperti yang tercatat dalam doa sholat Istikharah.

Kriteria pekerjaan terbaik

Pekerjaan terbaik bagi seseorang tidak selalu harus sesuai dengan impiannya. Terkadang pekerjaan yang menurut diimpikan dan dianggapnya terbaik terkadang malah mendatangkan keburukan. Namun, tidak sedikit juga pekerjaan yang tidak pernah diharapkan akan dijalani justru menjadi pekerjaan terbaik.

Bila merujuk pada doa yang terdapat dalam sholat Istikharah, kriteria pekerjaan terbaik adalah:

1. Pekerjaan yang membawa kebaikan bagi agama

Pekerjaan yang dijalani menjadikannya semakin taat dan mendekat pada Tuhan dari sejak niat berangkat untuk bekerja hingga penggunaan hasil yang diperoleh. Sejak awal sudah diniati untuk beribadah dan mendukung segala kemudahan urusan agama. Saat melakukan pekerjaan, dilakukannya dengan ikhlas dan dengan kejujuran. Tidak meninggalkan kewajiban agama meski pekerjaan menuntut untuk segera diselesaikan. Sholat tetap sholat, puasa tetap puasa dan ibadah-ibadah yang lain.

Saat memperoleh penghargaan atas kerja yang dilakukan berupa upah, bonus, atau yang lain, semuanya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ibadah. Bukan untuk mendukung perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum baik hukum negara maupun hukum agama.

2. Pekerjaan yang membawa kebaikan bagi dunia

Apapun pekerjaannya, selama itu membawa kebaikan bagi dunia masuk pada kriteria pekerjaan terbaik. Meskipun pekerjaan itu hanya berpenghasilan kecil, dipandang rendah oleh banyak orang dan bukan sebuah pekerjaan impian.

Satu misal, Anda melihat para tukang sampah yang bolak – balik masuk ke komplek perumahan untuk mengambil sampah, mengumpulkannya di satu tempat untuk kemudian dibuang di TPS umum. Boleh jadi Anda menganggap pekerjaannya sangat hina karena berkutat dengan sisa – sisa dan buangan orang lain yang kotor, bau dengan bayaran tak seberapa.

Tapi, coba bayangkan. Bagaimana bila mereka – mereka kemudian libur beberapa hari dan tidak orang lain yang mewakili pekerjaannya. Apa yang akan terjadi?

Anda akan melihat komplek perumahan menjadi sangat kumuh, sampah yang berserakan dimana-mana,bau menyengat. Bisa jadi Anda juga tidak betah tinggal di sana dengan kondisi lingkungan tidak sehat semacam itu.

Itu salah satu contoh pekerjaan yang membawa kebaikan. Jangan sampai kita tergoda dengan pekerjaan yang merusak karena masih ada ribuan jenis pekerjaan baik yang bisa dipilih dan membawa kebaikan bagi dunia.

3. Pekerjaan yang membawa kebaikan bagi penghidupannya

Pekerjaan yang terbaik memberi pengaruh pada kebaikan dan kelapangan penghidupannya. Hatinya selalu diliputi perasaan tenang, nyaman, tidak kemrungsung, lapang dada, menjadi pribadi yang pemaaf, giat, tidak bermalas-malasan serta selalu berpikiran positif. Tidak selalu diliputi kegundahan, kegelisahan, kegalauan, kesedihan untuk hal – hal yang bersifat duniawi.

3. Pekerjaan yang membawa memberi dampak positif dalam segala urusan

Dampak positifnya tidak hanya dirasakan seketika itu saja seperti saat menerima bayaran atau upah. tapi juga di masa yang akan datang bahkan hingga sampai di akhirat. Bisa dikatakan rejekinya menjadi berkah. Digunakan untuk menafkahi keluarga, keluarga menjadi sakinah mawaddah war rohmah. Dibuat membiayai pendidikan anak, kelak anak menjadi anak yang sholih, berbakti pada orang tua, bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa. Disedekahkan untuk pembangunan sarana ibadah dan sarana publik, bangunannya menjadi berkah, bermanfaat buat orang banyak. Dan sebagainya…

Karena pekerjaan dengan kriteria-kriteria tersebut di atas sifatnya masih abstrak dan hanya diketahui oleh Allah, mau tidak mau Anda harus melibat Allah untuk memilihnya.

Caranya;

Lakukan sholat Istikharah dan berdoa, memohon kepada Allah agar ditunjukkan pilihan terbaik untuk urusan pekerjaannya. Lakukan secara rutin hingga hati benar – benar diberi kemantapan dan keyakinan bahwa pekerjaan yang dipilih atau yang dijalani adalah pekerjaan terbaik sesuai dengan kriteria yang tersebut dalam doanya.

Bila itu bisa Anda lakukan, In syaa Allah Anda akan mendapati pekerjaan Anda menjadi pekerjaan terbaik di dunia hingga akhirat.

Kesimpulan

Kriteria pekerjaan terbaik adalah:

  1. Pekerjaan yang membawa kebaikan bagi agama
  2. Pekerjaan yang membawa kebaikan bagi dunia
  3. Pekerjaan yang membawa kebaikan bagi penghidupannya
  4. Pekerjaan yang membawa memberi pengaruh dan dampak positif dalam segala urusan
Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *