counter Akibat Buruk Melewatkan Sarapan Pagi Anak Sebelum Berangkat Sekolah

Info

3 Akibat Buruk Melewatkan Sarapan Pagi Anak Sebelum Berangkat Sekolah

on

Bagi Anda para orang tua, penting untuk diperhatikan agar tidak melewatkan sarapan pagi anak sebelum berangkat sekolah.

Menurut Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, menjalani aktifitas belajar di sekolah dalam keadaan perut belum terisi bisa berakibat buruk.

Inilah Akibat Buruk Saat Anak Melewatkan Sarapan Pagi Sebelum Berangkat Sekolah

Pertama; Anak tidak mendapatkan energi yang dibutuhkan

Anak tidak mendapatkan energi yang cukup sehingga berakibat tidak bisa konsentrasi penuh, mudah lelah, merasa mengantuk dan lemas. Hal ini bisa berdampak pada menurunnya kualitas belajar anak.

Saat anak tidur, tidak ada asupan apapun yang masuk baik itu makanan atau minuman. Anak seperti puasa. Karenanya setelah dia bangun sangat diperlukan sekali asupan untuk membangkitkan energi baru agar segala aktifitas hari itu berjalan lancar. Terlebih belajar di sekolah yang menjadi aktifitas penting dan paling awal di hari itu.

Kedua; Memicu kegemukan

Manfaat lain dari membiasakan sarapan pagi anak sebelum berangkat sekolah adalah mencegah kegemukan. Secara logika saat anak tidak sarapan, di sekolah dia akan merasa lapar.

Dia akan mencari apa yang bisa dia makan untuk mengisi perutnya seperti aneka snack dan jajanan di sekitar sekolah yang tidak sehat. Orang tua tidak bisa mengontrol hal ini.

Semakin sering anak ngemil jajanan, kandungan tidak sehat dalam camilan yang dikonsumsi bisa saja memicu kegemukan.

Ketiga; Kemampuan otak menurun

Menurut Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI bidang Hubungan Pusat dan Daerah, sarapan pagi bagi anak ibarat mengisi bahan bakar sebelum menjalani proses belajar di sekolah. Saat bahan bakar kurang karena melewatkan sarapan, kemampuan otak anak dalam berpikir juga ikut menurun.

Bagaimana sarapan pagi yang baik buat anak sebelum sekolah?

Sarapan pagi anak yang baik adalah sarapan berkualitas, yaitu makanan yang mengandung gizi seimbang. Mengandung protein, karbohidrat, vitamin serta mineral.

Perlu juga sajian sarapan dibuat menarik buat anak seperti warna-warni, dibentuk seperti boneka atau motif binatang kesayangan. Hal itu bisa merangsang anak untuk mengambil dan mau makan sarapan paginya.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *