Ini Akibatnya Sering Menahan Buang Air Besar

Buat yang hobi menahan hasrat buang air besar atau BAB, mulai saat ini juga sebaiknya Anda hentikan kebiasaan buruk itu kalau tak ingin terkena masalah yang lebih fatal.

Memang, sebuah situasi bisa saja membuat Anda harus memilih menahan keinginan untuk BAB. Kesulitan mencari toilet, tempat yang tidak nyaman atau rasa sungkan pada orang lain Anda dijadikan alasan menahan diri. Bahkan ada pula yang beralasan klasik, tak terbiasa bila tidak di rumah sendiri.

Mungkin Anda juga berprasangka, kalau masih mampu ditahan mengapa tidak. Toh juga tidak mengganggu orang lain?

menahan-buang-air-besar

Perlu diketahui, kebiasaan menahan buang air besar bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Hasrat ingin buang air besar adalah saat dimana kotoran dalam usus besar harus dibuang. Bila tak segera dikeluarkan, kotoran akan makin mengeras dan makin sulit untuk keluar kecuali dengan dipaksa. Tentu saja hal ini sangat tidak nyaman, bahkan mungkin juga menyakitkan karena dubur bisa mengalami pendarahan.

Makin sering kondisi ini terjadi akan membahayakan kesehatan terutama pada organ pembuangan. Jaringan dubur bisa retak atau terkena wasir. Bila sudah sampai pada dampak ini, Anda tidak akan bisa tenang dan nyaman dimanapun Anda duduk. Anda akan menanggung rasa sakit pada bagian dubur yang disertai pendarahan. Meski bisa diatasi dengan menggunakan krim penghilang wasir, dalam kondisi yang parah wasir hanya bisa sembuh dengan cara operasi.

Belum lagi dampak yang lain seperti kentut sangat bau, perut jadi tempat sampah, kanker usus, bahkan bisa juga berujung pada kematian.

Berbahaya kan, makanya jangan biasakan diri menahan buang air besar. Bila sudah terasa, segera cari toilet dan keluarkan. Kalau merasa tidak nyaman BAB di luar rumah atau khawatir hasrat itu muncul saat kerja atau diperjalanan, sebaiknya buang air besar sebelum keluar rumah.

Anda harus membiasakan diri agar bisa BAB di rumah, baik itu sebelum berangkat kerja atau setelah pulang kerja. Kalau ingin kebiasaan buang air besar dilakukan pada pagi hari, Anda harus mempersiapkannya sejak malam sebelum tidur. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat agar proses pencernaan dan pembuangan setelah bangun berlangsung lancar. Cara lain memacu hasrat BAB adalah dengan berolah raga dan minum air putih setelah bangun tidur.

Nah, jadi paham kan kalau menahan buang air besar tidak baik buat kesehatan. Jadi, berhentilah sekarang juga dari kebiasaan buruk itu agar kesehatan selalu terjaga.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *